Kompas TV regional berita daerah

Masjid Tua Anshar Maloku Di Wilayah Pecinan Makassar

Kamis, 21 April 2022 | 16:56 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Berbagai bukti sejarah masuknya islam di indonesia sudah terjadi sejak berabad lalu. Sejumlah masjid menjadi salah satu bukti sejarah. Di makassar sulawesi selatan terdapat sebuah masjid yang berdiri sejak tahun 1826 di wilayah pecinan.

Masjid anshar maloku. Masjid ini berada di jalan somba opu makassar sulawesi selatan yang dibangun pada tahun 1826 bertepatan dengan hari kelahiran anak sang pendiri masjid ini. Di dalam masjid terdapat satu tiang yang berdiri tepat di tengah masjid yang menjadi penyangga awal berdirinya masjid. Selain iitu terdapat mimbar masjid yang masih terawat keasliannya hingga saat ini.

Pada tahun 1980-an masjid ini sempat berubah nama saat dikelola oleh pimpinan abri saat itu. Salah satu kebiasaan unik di masjid ini adalah setiap orang yang berwakaf atau memberikan sumbangan maka nama mereka akan diukir di dinding masjid sebagai tanda rasa syukur dan pengingat akan kebaikan orang-orang tersebut.

Sisi lain masjid anshar maloku ini terdapat lokasi pemakaman keluarga pendiri masjid dan juga makam sultan ternate. Kebersihan dan juga perawatan yang baik sehingga masjid yang telah ada sejak berabad-abad di wilayah pecinan ini kini tetap kokoh berdiri dan ramai dikunjungi warga untuk menjalankan ibadah terutama di bulan ramadan.

#Masjidtua
#sejarahislam
#kawasanpecinan


Sumber : Kompas TV Makassar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x