Kompas TV nasional agama

Pemprov DKI Akan Gelar Festival Takbiran di JIS, Kapasitas Penonton Dibatasi 300 Orang

Kompas.tv - 21 April 2022, 14:32 WIB
pemprov-dki-akan-gelar-festival-takbiran-di-jis-kapasitas-penonton-dibatasi-300-orang
Pemprov DKI Jakarta berencana untuk menggelar Takbiran dan Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS). (Sumber: Antara)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar Festival Takbiran di Jakarta International Stadium (JIS) dengan kapasitas penonton terbatas yakni 300 orang.

Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Pendidikan dan Mental Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta Aceng Zaini mengatakan, jumlah penonton yang dibatasi merupakan permintaan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku pengelola JIS.

"(Kapasitas) 300 orang, nanti dibatasi saja. Kalau sudah melebihi kapasitas, kami sesuaikan, bisa lihat dari luar kan," kata Aceng saat dihubungi melalui telepon, Kamis (21/4/2022).

Baca Juga: JIS Siap Tampung 8.000 Orang Jamaah Shalat Idul Fitri

Pembatasan dilakukan sebab pihak Jakpro perlu mempersiapkan untuk pelaksanaan shalat Idul Fitri yang akan digelar di lokasi yang sama dengan Festival Takbiran. 

"Permintaan dari Jakpro juga karena persiapan buat (shalat Idul Fitri) besok karena dipasang segala macam dari sore. Itu jam 05.30-06.00 (pagi) massa Idul Fitri diprediksi sudah penuh," kata Aceng. 

Rencananya, kata Aceng, festival ini akan diikuti oleh delegasi dari enam kabupaten/kota di DKI Jakarta. 

Warga yang ingin berpartisipasi, kata Aceng, dapat mendengar suara takbir dan beduk yang ditabuh oleh para delegasi yang hadir.

"Nanti kan suara beduk terdengar di mana-mana, makanya dibatasi sampai 300 orang saja," ujar dia.

Baca Juga: Anies Akan Shalat Idul Fitri di Jakarta International Stadium

Festival Takbiran akan digelar pada malam sebelum Idul Fitri yang akan ditentukan melalui sidang isbat dari Kementerian Agama yang dilakukan pada 1 Mei 2022. 

Festival ini akan berlangsung selama dua jam mulai pukul 20.00 sampai dengan 22.00 WIB di Plaza Barat JIS, Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x