Kompas TV otomotif tips & trick

Mudik dengan Mobil Masih Jadi Favorit, Ini 6 Tips Agar Perjalanan Tetap Nyaman dan Aman

Kompas.tv - 21 April 2022, 08:45 WIB
mudik-dengan-mobil-masih-jadi-favorit-ini-6-tips-agar-perjalanan-tetap-nyaman-dan-aman
Ilustrasi mudik bersama keluarga dengan menggunakan mobil pribadi. Tips persiapan mudik bersama keluarga dengan menggunakan mobil(Sumber: Shutterstock)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV - Kendaraan pribadi, terutama mobil, masih menjadi moda transportasi favorit masyarakat Indonesia untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun memperkirakan, tahun ini bakal ada 23 juta mobil yang digunakan oleh para pemudik.

"Dari survei Kementerian Perhubungan didapatkan hasil bahwa akan ada 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor yang digunakan oleh para pemudik," sebutnya lewat sebuah tayangan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (18/4/2022).

Melihat hal tersebut, maka masyarakat yang milih mudik bersama keluarga dengan mobil harus melakukan persiapan lebih matang lagi agar perjalanannya tetap aman dan nyaman.

Baca Juga: Sudah Siap Mudik Lebaran? Jangan Lupa Cek Kondisi Ban Mobil dengan 4 Tips Sederhana Ini

Sebab, menempuh perjalanan jauh dalam durasi panjang menggunakan mobil dengan penumpang banyak itu bukanlah sesuatu yang mudah.

Sebagai solusinya, mari simak informasi berikut mengenai tips persiapan mudik bersama keluarga dengan menggunakan mobil, sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Kamis (21/4/2022).

1. Cek kondisi mobil

Menurut pakar safety riding Agus Sani, pemudik yang menggunakan mobil pribadi sebaiknya mengecek kembali kondisi kendaraannya sebelum melakukan perjalanan jauh.

"Mulai dari pengecekan mesin dan memastikan semua (komponen mobil) berfungsi dengan baik dan aman," kata Agus.

Jika tak melakukan pengecekan kondisi mobil, Agus mengingatkan, ada kemungkinan terjadinya gangguan selama perjalanan mudik nanti.

Baca Juga: Bukan Ngopi, Ini Tips Kemenkes untuk Pemudik yang Lelah dan Mengantuk di Perjalanan

2. Siapkan car seat untuk anak kecil

Apabila mengajak anak kecil mudik dengan mobil, maka sudah sepatutnya ada car seat atau tempat duduk khusus untuk sang buah hati.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x