Kompas TV internasional kompas dunia

Wakil Rusia Bicara di Pertemuan G20 Washington, Menkeu AS dan Beberapa Negara Walk Out

Kompas.tv - 21 April 2022, 05:35 WIB
wakil-rusia-bicara-di-pertemuan-g20-washington-menkeu-as-dan-beberapa-negara-walk-out
Menkeu Amerika Serikat Janet Yellen dan Menteri Keuangan Ukraina Serhiy Marchenko, serta beberapa menteri keuangan serta gubernur bank sentral hari Rabu (20/4/2022) walk-out atau keluar dari pertemuan G20 hari Rabu saat perwakilan Rusia mulai berbicara (Sumber: Twitter/Chrystia Freeland)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

WASHINGTON, KOMPAS.TV — Pejabat keuangan senior Amerika Serikat, Ukraina, Inggris, Prancis, dan Kanada, termasuk gubernur bank sentral, keluar dari pertemuan G20 di Washington, DC, saat pejabat keuangan Rusia berbicara di forum tersebut, Rabu (20/4/2022). Hal itu dilakukan sebagai sikap protes atas serangan Rusia ke Ukraina.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen memimpin boikot multinasional dalam bentuk walk-out dari pertemuan saat pejabat Rusia berbicara, seperti dilansir Deutsche Welle, Kamis (21/4/2022).

Sementara karena banyak peserta hadir secara virtual, mereka mematikan kamera dari pertemuan.

Beberapa menteri keuangan dan gubernur bank sentral juga meninggalkan ruangan, menurut seorang pejabat yang mengetahui pertemuan tersebut, namun berbicara dengan syarat anonim karena acara tersebut tidak untuk umum.

Setelah insiden itu, Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov mendesak G20 untuk tidak mempolitisasi dialog antara negara-negara anggota, dengan mengatakan mereka berisiko merusak kepercayaan pada sistem moneter dan keuangan global, seperti dilaporkan Deutsche Welle, Kamis.

Sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki berkomentar tentang walk-out Yellen, "tentu saja kami mendukung langkahnya dan itu merupakan indikasi fakta Presiden Putin dan Rusia telah menjadi pariah di panggung global."

Insiden itu terjadi di tengah pertemuan musim semi Dana Moneter Internasional IMF dan Bank Dunia, di mana para pemimpin keuangan mencoba mengatasi masalah paling mendesak di dunia.

Menjelang walk-out, Yellen dilaporkan mengatakan kepada hadirin dia tidak menyetujui kehadiran wakil menteri keuangan Rusia, Timur Maksimov, yang hadir secara langsung.

Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov dan gubernur bank sentral Rusia bergabung secara virtual.

Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire juga meminta delegasi Rusia untuk tidak menghadiri sesi, dengan mengatakan, "perang tidak sesuai dengan kerja sama internasional."



Sumber : Kompas TV/Deutsche Welle


BERITA LAINNYA



Close Ads x