Kompas TV regional berita daerah

Komisi IV DPR RI Koordinasi Dengan Bulog Untuk Kebutuhan Pangan di Kaltim

Kompas.tv - 20 April 2022, 04:00 WIB

BALIKPAPAN, KOMPAS.TV – Komisi IV DPR RI mendatangi komplek pergudangan perum Bulog kantor wilayah Kalimantan Timur, pada Selasa (19/4) siang.

Kunjungan ini selain untuk memastikan stok ketersediaan kebutuhan pangan warga Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara di bulan ramadan dan menyambut lebaran tercukupi, juga untuk mengetahui ketersediaan bahan pangan, khususnya terkait dengan pembangunan IKN di kabupaten Penajam Paser Utara.

Anggota komisi IV DPR RI, Luluk Nur Hamidah meminta agar jangan sampai di IKN justru terjadi krisis pangan.

Produksi harus ditingkatkan termasuk dengan sarana, prasarana dan tehnologi pertani yang cocok dengan kondisi geografis di Kalimantan Timur. Selain itu jalur logistik dan jaminan harga serta serapan panen dari petani harus diutamakan.

Sementara saat ini bulog wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara memiliki gudang dengan kapasitas 50 ribu ton. Selain itu di kawasan kecamatan Samboja, kabupaten Kutai Kartanegara juga memiliki lahan seluas 2 hektare, yang nantinya bisa dibangun gudang dengan kapasitas 7 ribu ton.

Untuk di Kalimantan Timur, kualitas pasca panen dari petani lokal yang masih kurang. Sehingga dibutuhkan peranan dari pemerintah daerah untuk membantu petani meningkatkan kualitas hasil produksi petani.(*)

 

#pangan#ikn#bulog#krisis#beritabalikpapan

Jangan lewatkan informasi menarik di Kompas TV Balikpapan, yuk subscribe channel youtube Kompas TV Balikpapan.

Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru. Media sosial Kompas TV Balikpapan :

instagram: https://www.instagram.com/kompastv.ba...

facebook : https://www.facebook.com/kompastvbali...

twitter : https://twitter.com/TvBalikpapan?s=09



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x