Kompas TV nasional indonesia update

Siap-Siap! THR ASN dan Pensiunan Tahun Ini Cair H-10 Lebaran, Sri Mulyani: Lebih Besar dari 2021

Kompas.tv - 16 April 2022, 13:11 WIB
siap-siap-thr-asn-dan-pensiunan-tahun-ini-cair-h-10-lebaran-sri-mulyani-lebih-besar-dari-2021
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat menyampaikan pengumuman soal pencairan THR bagi ASN dalam konferensi pers, Sabtu (16/4/2022). (Sumber: Youtube Kementerian Keuangan)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati telah mengumumkan, tunjangan hari raya (THR) bagi aparatur sipil negara (ASN) bakal cair pada 10 hari sebelum Lebaran 2022.

"Seperti tahun sebelumnya, pencairan THR dimulai pada H-10 dari Idulritri," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers yang berlangsung secara virtual, Sabtu (16/4/2022).

"Kementerian/lembaga bisa mengajukan (pencairan THR) ke KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) mulai Senin nanti, sesuai mekanisme yang berlaku," sambungnya.

Bersamaan dengan pencairan THR, Sri Mulyani mengatakan, pemerintah juga akan memberikan gaji ke-13 ASN jelang Lebaran.

Baca Juga: Ini Alasan Presiden Jokowi Cairkan Tukin 50 Persen Sekaligus THR, dan Gaji ke-13 untuk PNS

Adapun, besaran THR dan Gaji ke-13 tahun ini setara dengan nominal gaji pokok yang ditambah dengan berbagai tunjangan, seperti tunjangan keluarga, tunjangan pangan, serta tunjangan jabatan.

"Untuk (THR) tahun ini, kami tambahkan 50 persen dari tunjangan kinerja per bulan bagi yang mendapatkan. Jadi, akan lebih besar dari 2021," sebut Sri Mulyani.

Namun, bagi instansi pemerintahan di daerah, besaran THR dapat bertambah paling banyak 50 persen dari penghasilan.

Dengan catatan, tetap memperhatikan kemampuan kapasitas fiskal daerah masing-masing, sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga: THR Tak Boleh Dicicil dan Tetap Kena Pajak, Ini Ketentuannya

"Jadi, kalau untuk pemerintah pusat tunjangan kinerja ditambahkan THR dan gaji ke-13, untuk instansi daerah paling banyak 50 persen tambahan penghasilan," jelas Sri Mulyani.

Tak lupa, dalam kesempatan itu, Sri Mulyani pun menyampaikan apresiasinya kepada para ASN yang terus bekerja mengawal pemulihan ekonomi selama pandemi Covid-19.

"Kami mengucapkan terima kasih atas dedikasi ASN yang terus bekerja mengawal pemulihan ekonomi dan memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujar Sri Mulyani.

"Apalagi, dalam konteks hari ini, akan terjadi mudik yang sangat besar. Tentu mereka akan bekerja sangat luar biasa, baik dari sisi petugas yang akan berjaga," tandasnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x