Kompas TV nasional peristiwa

Jelang Mudik Lebaran 2022, Menhub dan Kakorlantas Polri Tinjau Tol Jakarta-Cikampek

Kompas.tv - 15 April 2022, 10:58 WIB
jelang-mudik-lebaran-2022-menhub-dan-kakorlantas-polri-tinjau-tol-jakarta-cikampek
Menhub Budi Karya mengecek kesiapan sejumlah titik di jalur tol Jakarta-Cikampek menjelang arus mudik Lebaran 2022, Jumat (15/4/2022).  (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV/Isnaya Helmi)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menjelang arus mudik Lebaran 2022, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengecek sejumlah titik serta kesiapan sarana prasarana di jalur tol Jakarta-Cikampek, Jumat (15/4/2022). 

Berdasarkan laporan jurnalis Kompas TV Fransisco Donasiano, inspeksi dimulai dari Tol Jakarta Cikampek  kilometer 19 ke sejumlah titik.

Dalam pantauannya, titik pertama yang ditinjau yakni gerbang tol utama Cikarang 3. Ini merupakan salah satu titik gerbang tol yang menjadi tolok ukur terkait bagaimana kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju ke wilayah Timur saat arus mudik Lebaran nanti.

Usai meninjau gerbang tol utama Cikarang 3, Budi kemudian melanjutkan inspeksi ke Tol Jakarta-Cikampek kilometer 57.

Fransisco menuturkan, di kilometer 57 selain pemeriksaan rest area, Menhub juga direncanakan bakal melakukan simulasi jika terjadi penyempitan jalur atau bottle neck.

"Di km 57 akan ada rekayasa situasi bottle neck atau penumpukan kendaraan," kata Fransisco dalam Breaking News Kompas TV, Jumat.

Baca Juga: Selain One Way, Ganjil Genap Juga Diterapkan Saat Mudik Lebaran, Ini Imbauan Polisi

Setelah itu, Budi Karya Sumadi dan rombongan dijadwalkan meninjau Tol Jakarta-Cikampek kilometer 72.

Menurut penjelasan Fransisco, Menhub beserta stakeholder terkait seperti Kakorlantas, pihak Jasa Raharja, dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan melakukan rapat koordinasi.

"Apa saja yangmenjadi pembahasan dalam rapat koordinasi ini, masih kita nantikan, karena ini agenda yang diperkirakan dilaksanakan pada pukul 11.00-14.00 WIB," ujarnya. 

"Setelah itu nantinya akan dilakukan pemaparan hasil dari rapat tersebut kepada awak media, apa-apa saja yang menjadi perhatian dari Kemenhub khususnya dengan para stakeholder terkait arus mudik Lebaran 2022," jelasnya. 

Selain Kakorlantas, turut hadir dalam kegiatan ini, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati, dan Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono.

Baca Juga: Ingat! Tol Cikampek hingga Semarang Berlaku One Way saat Arus Mudik, Begini Skemanya

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x