Kompas TV olahraga kompas sport

JIS: Dipuji Atletico Madrid dan Barcelona, Dikritik Indonesia All Stars

Kompas.tv - 15 April 2022, 07:30 WIB
jis-dipuji-atletico-madrid-dan-barcelona-dikritik-indonesia-all-stars
Jakarta International Stadium (JIS) menjadi stadion pertama di Indonesiayang menggunakan rumput hybrid,  atau perpaduan antara rumput sintetis dan rumput alami. (Sumber: Kompas.com/Firzie A Idris)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juru taktik tim Indonesia All Stars U20, Ilham Romadhona memberi kritik terhadap kualitas lapangan Jakarta Internasional Stadium (JIS). 

Sejumlah aspek stadion yang saat ini digunakan untuk International Youth Championship (IYC) 2021 disebut Ilham harus lebih ditingkatkan. 

Sebelum mendapat kritik dari Ilham, JIS menuai pujian dari tim undangan IYC 2021, Atletico Madrid U18 dan Barcelona U18. 

Pasca melawan Bali United U18, pelatih Atletico U18, Daniel Perez menyebut JIS merupakan stadion yang megah. Sementara gelandang Barcelona, Biel Vicens merasa terhormat dapat bermain di JIS. 

Baca Juga: Penyelenggara Jelaskan Alasan Persija Tidak Dilibatkan dalam IYC di JIS

Dalam konferensi pers pasca memimpin skuadnya menghadapi Barcelona U18, Ilham Romadhona berharap ada perbaikan di bagian pinggir lapangan. 

"Untuk stadion sebesar ini, harus ada perbaikan terutama pinggir lapangan yang kurang sempuran. Rumputnya tipis dan agak kering," sebut Ilham, dikutip dari Antara

"Semoga bisa dikelola dengan baik, lantaran JIS ini juga menjadi salah satu stadion kebanggaan." 

Baca Juga: Anies Pastikan Bambang Pamungkas Jadi Penendang Bola Pertama Saat Grand Launching JIS

Menurut Ilham, fasilitas baik akan menunjang perkembangan sepak bola Indonesia ke arah yang lebih baik. 

Lantaran JIS memiliki potensi sebagai stadion dengan fasilitias terbaik di Indonesia, Ilham berharap bakal ada turnamen-turnamen usai muda yang digelar di stadion berkapasitas 82.000 penonton ini. 

"Harapannya semoga ada turnamen usia mudda di sini, selain U18 dan U20," tambah Ilham. 

Kombinasi rumput natural dan sintetis

Mengutip laporan KOMPAS.COM, JIS mengombinasikan 95 persen rumput natural dan 5 persennya rumput sintetis. 

Baca Juga: Kualitas Jakarta International Stadium Dipuji Pemain Atletico Madrid

Jenis rumput yang dipakai juga sering digunakan stadion-stadion klub Eropa. JIS menggunakan rumput jenis limonta yang dipakai markas Ajax Amsterdam (Johan Cruyff Arena) dan kandang Real Madrid, Santiago Bernabeu. 

Lain itu, JIS juga memiliki fitur macam Wembley, yakni retractable roof alias atap yang bisa ditutup dan dibuka untuk kepentingan terentu. 



Sumber : Antara/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x