Kompas TV regional berita daerah

Soto Ayam Dahlok, Legenda Kuliner Jember, Dimasak dengan Arang

Kompas.tv - 14 April 2022, 16:07 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Sebuah usaha kuliner soto di Kabupaten Jember Jawa Timur berdiri sejak tahun 1950-an dan mampu bertahan hingga kini. Pihak pengelola, yang kini memasuki generasi ketiga, tetap mempertahan teknik memasak dengan arang kayu dan racikan bumbu tradisional.

Soto itu dikenal oleh warga Jember dan sekitarnya dengan sebutan soto dahlok. Warungnya berada di gang pusat perkotaan, tepatnya di Jalan Fatahilah, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember.

Baca Juga: Soto Sulung Cak Suit, Soto Sulung Pertama di Indonesia, Mantab ini..

Warung soto dahlok berdiri sejak tahun 1958 dan hingga kini masih mampu bertahan. Jumlah pelanggannya tak pernah berkurang dan justru terus bertambah dari masa ke masa.

Warung soto dahlok kini dikelola oleh generasi ketiga, yakni Dwi Sugiarto. Meski berada di generasi modern, namun ia tetap mempertahankan teknik memasak tradisional, yakni menggunakan api dari arang kayu. Aroma masakan yang dihasilkan pun lebih segar.

Dwi juga tetap menggunakan racikan bumbu warisan kakeknya, yang menggunakan rempah-rempah, seperti lengkuas, serai, kemiri, merica dan jahe. Campuran daging ayamnya juga tak sembarangan, yakni daging ayam kampung muda, yang teksturnya lebih lembut.

Baca Juga: Cobain Soto Kuning Pak Yusup Bogor, Isiannya Pilih Sendiri dan Rasanya Melegenda

Setiap bulan ramadhan, warung ini tak pernah sepi pembeli. Sejak sore hari jelang waktu berbuka puasa hingga malam hari jelang sahur, warung itu selalu ramai pembeli.

Warga yang datang tidak hanya dari Jember, tapi juga dari luar Jember. Mereka mengaku ketagihan dengan rasa sotonya yang segar dan puas dengan porsinya yang jumbo.

Bagi anda yang datang ke Jember, jangan lupa singgah di soto dahlok legendaris ini. Cukup merogoh kocek 22 ribu ribu untuk porsi besar dan 15 ribu rupiah porsi sedang.

 

#Soto #SotoDahlok #KulinerJember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x