Kompas TV nasional sosial

Jangan Sampai Ketinggalan! Mudik Gratis dari Kemenhub, Ini Cara Daftar dan Jadwalnya

Kompas.tv - 14 April 2022, 08:21 WIB
jangan-sampai-ketinggalan-mudik-gratis-dari-kemenhub-ini-cara-daftar-dan-jadwalnya
Ilustrasi. Program mudik gartis dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali hadir tahun ini dan pendaftarannya telah dibuka sejak 9 April 2022. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Perhubungan (Kemenhub), melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat), kembali menghadirkan program mudik gratis untuk Lebaran 2022.

Pendaftaran program mudik gratis tersebut pun telah dibuka oleh Kemnhub sejak 9 April 2022 sampai kuotanya terpenuhi.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi menyebutkan, setidaknya ada 350 unit bus untuk 10.500 penumpang untuk mudik gratis tahun ini.

"Sebagaimana arahan Bapak Menteri Perhubungan, kami diminta untuk menyiapkan mudik gratis bagi masyarakat umum, terutama yang akan pulang kampung dengan sepeda motor," kata Budi dalam keterangannya, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Cara Daftar Mudik Gratis dari Jasa Raharja, Ada 20.000 Kuota untuk 12 Kota Tujuan

Cara Daftar Mudik Gratis 2022 Kemenhub

Meskipun menggunakan sistem kuota, program mudik gratis dari Kemenhub kali ini tetap memiliki batas waktu pendaftaran, yaitu pada 24 April 2022 nanti.

Oleh sebab itu, masyarakat yang berminat dalam program mudik gratis Kemenhub, diimbau untuk segera mendaftarkan dirinya.

Terlebih, pendaftaran program mudik gratis Kemenhub terbilang cukup mudah karena bisa dilakukan secara online dengan cara berikut ini.

  1. Buka situs mudikgratishubdat.dephub.go.id
  2. Klik tombol 'Daftar Mudik' di bagian bawah halaman utama situs tersebut
  3. Lalu akan muncul pesan pop-up yang berisi syarat dan ketentuan program mudik gratis 2022 dari Kemenhub. Baca seluruh isinya dan jika setuju untuk mengikutinya, klik tombol 'Lanjut Daftar'
  4. Selanjutnya, calon peserta mudik gratis akan diarahkan ke halaman 'Data Peserta', isi semua identitas diri yang dibutuhkan seperti nama lengkap, NIK, nomor ponsel yang aktif, status vaksinasi Covid-19, dan jumlah penumpang
  5. Jika mendaftar program mudik gratis untuk lebih dari satu orang, maka data penumpang lainnya juga perlu dimasukkan
  6. Setelah semua data penumpang terisi, klik tombol 'Kirim Data Peserta'
  7. Langkah berikutnya adalah pemilihan jadwal dan lokasi keberangkatan, kota tujuan, dan tipe mudik yang terdiri atas dua pilihan, yakni mudik saja atau mudik balik
  8. Usai menekan tombol 'Kirim' di halaman sebelumnya, kemudian akan muncul QR Code yang mesti disimpan oleh peserta mudik gratis karena itu menjadi bukti pendaftarannya
  9. Terakhir, periksa kembali data yang telah diinput tadi dengan menekan tombol 'Lihat Detail Pendaftaran'

Baca Juga: 23,5 Juta Pemudik Diprediksi Masuk Jawa Tengah, Ini Skenario Lalu Lintas yang Bakal Dilakukan

Jadwal Mudik Gratis 2022 Kemenhub

Adapun, jadwal keberangkatan peserta mudik gratis Kemenhub terbagi menjadi dua hari, 28-29 April 2022.

Pertama, untuk keberangkatan 28 April 2022 bakal dilakukan di tiga titik, mulai dari Terminal Poris Plawad Tangerang, Terminal Baranangsiang Bogor, serta Terminal Jatijajar Depok.

Sementara, keberangkatan pada 29 April 2022 akan dilakukan di Terminal Kampung Rambutan dan Terminal Pulogeang Jakarta.

Lebih lanjut, untuk arus baliknya, Kemenhub berencana melaksanakannya pada 8 Mei 2022, serentak di beberapa daerah.

Seperti Terminal Tirtonadi Solo, Terminal Giwangan Yogyakarta, Terminal Giri Adiputra Wonogiri, Terminal Mangkang Semarang, dan Terminal Bulupitu Purwokerto.

Sebagai informasi, program mudik gratis dari Kemenhub tahun ini memang memiliki tujuan perjalanan ke sejumlah kabupatan/kota, khususnya di Jawa Tengah dan DIY.

Daerah-daerah tujuan tersebut di antaranya, Tegal, Semarang, Demak, Kudus, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Wonosobo, Kebumen, dan Purwokerto.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x