Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Ukraina Tangkap Politisi Pengkhianat Sekutu Putin dalam Operasi Khusus Kilat Berbahaya

Kompas.tv - 13 April 2022, 17:17 WIB
ukraina-tangkap-politisi-pengkhianat-sekutu-putin-dalam-operasi-khusus-kilat-berbahaya
Vktor Medvedchuk, mantan pemimpin partai oposisi Ukraina pro-Rusia dan sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin tampak duduk dengan tangan terborgol setelah ditangkap dalam operasi khusus, Selasa (12/4/2022). (Sumber: Biro Pers Kepresidenan Ukraina via AP)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Purwanto

KIEV, KOMPAS.TV – Dinas rahasia Ukraina mengumumkan tertangkapnya sekutu terdekat Presiden Rusia Vladimir Putin, Viktor Medvedchuk. Penangkapan politisi oposisi dan oligarki Ukraina itu disebut berlangsung dalam operasi kilat nan berbahaya.

Penangkapan Medvedchuk pertama kali diumumkan oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Ia mengunggah gambar Medvedchuk yang kedua tangannya diborgol. Ia tampak kusut masai dalam balutan seragam militer beremblem bendera Ukraina.

Medvedchuk sendiri berhasil lolos dari tahanan rumah beberapa hari setelah Rusia menginvasi Ukraina.

“Operasi khusus dilakukan oleh dinas keamanan Ukraina. Sukses!” tulis Zelensky di Telegram, seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (13/4/2022).

Zelensky kemudian bahkan mengusulkan agar Medvedchuk ditukar dengan tawanan perang Ukraina yang ditahan oleh Rusia.

“Saya mengusulkan pada Federasi Rusia untuk menukarkan orang Anda ini dengan putra-putri kami yang sekarang ditawan Rusia,” ujar Zelenskky dalam rekaman video yang diunggah di Telegram.

Baca Juga: Rusia Akan Jual Minyak dengan Harga Berapapun kepada Negara-negara Bersahabat

Medvedchuk menjadi kaya berkat minyak Rusia dan kedekatannya dengan Kremlin.Saking dekatnya, Putin bahkan menjadi ayah baptis bagi putri bungsunya.

Koalisi Medvedchuk, Platform Oposisi – Seumur Hidup, menyasar agenda pro-Moskow. Akhirnya didakwa dengan pengkhianatan pada Mei 2021, Medvedchuk dituduh menjual rahasia militer ke Rusia dan mengeksploitasi sumber daya alam Krimea di bawah pendudukan Rusia.

Medvedchuk membantahnya dan berada dalam tahanan rumah, sebelum kemudian melarikan diri selama hari-hari pertama invasi.

Para penyidik yang menggeledah rumah Medvedchuk menemukan replika gerbong kereta antik nan mewah Pullman bersepuh emas. Replika itu berdiri di sebuah tiruan stasiun kereta, tersembunyi di bawah terpal. 




Sumber : The Guardian/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x