Kompas TV nasional peristiwa

Sah Jadi Anggota Bawaslu, Rahmat Bagja: Kami akan Evaluasi Proses yang Dilakukan Periode Sebelumnya

Kompas.tv - 12 April 2022, 16:12 WIB
sah-jadi-anggota-bawaslu-rahmat-bagja-kami-akan-evaluasi-proses-yang-dilakukan-periode-sebelumnya
Anggota Bawaslu Masa Jabatan Periode 2022-2027 seusai Pelantikan di Istana Negara (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) masa jabatan periode 2022-2027 Rahmat Bagja mengatakan, akan segera melakukan evaluasi seluruh proses yang telah dijalankan oleh kepemimpinan Bawaslu periode sebelumnya.

Pernyataan itu disampaikan Rahmat Bagja, didampingi empat anggota Bawaslu lainnya,  yang hari ini dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Selasa (12/4/2022).

“Kami akan melakukan, setelah ini adalah evaluasi, kemudian melakukan proses mendengar, memahami seluruh proses yang telah dilakukan oleh anggota Ketua dan anggota Badan Pengawas Pemilu periode 2017-2022,” ucap Rahmat Bagja.

Kemudian, sambung Rahmat, dirinya bersama empat anggota Bawaslu lainnya dilantik akan menyerap seluruh proses yang telah dijalani Bawaslu periode sebelumnya.

Baca Juga: Dilantik Jokowi, Anggota KPU Bawaslu Janji Bekerja Sebaik-baiknya untuk Suksesnya Pemilu 2024

“Kami akan menyerap seluruh proses-proses yang telah mereka lakukan dan kemudian kami bersama-sama akan melakukan rencana ke depan bagaimana standar tata laksana pengawasan Pemilu dilakukan dan diperbaiki,” ucapnya.

Dalam keterangannya, Rahmat Bagja menambahkan dirinya dan keempat lainnya juga akan melakukan seluruh proses pengawasan tahapan penyelenggaraan pemilu yang dilaksanakan Juni 2022.

“Dan kami berharap agar peraturan Komisi Pemilihan Umum dapat segera disahkan dan kemudian kami setelah itu akan menyusun peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum dalam mengawasi seluruh proses tahapan yang akan dilakukan,” ujarnya.

Baca Juga: Hari Ini, Jokowi Akan Lantik Anggota KPU-Bawaslu Periode 2022-2027

Lebih lanjut, Rahmat Bagja pun meminta bantuan kepada Pemerintah, DPR, dan seluruh masyarakat Republik Indonesia untuk melaksanakan seluruh proses pengawasan tahapan pemilihan umum.

“Tidak mungkin Badan Pengawas Pemilihan Umum ini berdiri sendiri mengawasi sendiri tanpa bantuan dan juga support dari masyarakat Republik Indonesia,” ucapnya.

Rahmat Bagja menambahkan, ke depan pihaknya juga akan melakukan seluruh proses perbaikan- perbaikan terhadap Badan Pengawas Pemilu, termasuk seleksi yang akan dilaksanakan beberapa bulan kedepan.

“Kami berharap seluruh seleksi anggota badan perwakilan umum provinsi di 20 provinsi dapat dilakukan dengan baik,” katanya.

Sebagai informasi Nama Anggota Bawaslu 2022-2027 yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo antara lain:

1. Lolly Suhenty

2. Puadi

3. Rahmat Bagja

4. Totok Hariyono

5. Herwyn Jefler Hielsa Malonda



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x