Kompas TV regional peristiwa

BLT Minyak Goreng Segera Cair, Ganjar Ingatkan Masyarakat Bukan untuk Beli Rokok atau Beli Pulsa

Kompas.tv - 11 April 2022, 15:21 WIB
blt-minyak-goreng-segera-cair-ganjar-ingatkan-masyarakat-bukan-untuk-beli-rokok-atau-beli-pulsa
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengingatkan masyarakat terkait BLT Minyak Goreng, Senin (11/4/2022) (Sumber: Kompas TV/Prahayuda Febrianto)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

SEMARANG, KOMPAS.TV - Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng dijadwalkan Kementerian Sosial (Kemensos) akan cair dan diberikan langsung kepada penerima bantuan, mulai 4 April hingga 21 April 2022.

Menanggapi hal itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan hingga kini pihaknya masih belum tahu dan terus memantau. Kata Ganjar, keputusan terakhir dari pusat terkait data penerima masih dirapikan.

Meski begitu, Ganjar mengingatkan kepada masyarakat apabila BLT Migor yang akan dicairkan langsung ke rekening penerima bisa digunakan sesuai peruntukkannya, yaitu pembelian minyak goreng bukan untuk beli rokok ataupun beli pulsa.

"BLT saya belum tahu ya keputusan terakhirnya, tapi kemarin dari pusat masih dirapikan. Kami dari Dinsos memantau terus menerus, tapi yang jelas sih kita siap untuk ikut mengawasi. Mudah-mudahan saat begitu turun, karena itu langsung ditransfer, ya masyarakat saja nanti yang hati hati. Untuk migor bukan untuk beli rokok atau beli pulsa. Itu aja ingatan saya," kata Ganjar Pranowo, Senin (11/4/2022).

Untuk diketahui, BLT Minyak Goreng akan diberikan sebesar Rp 300 ribu secara sekaligus untuk periode April, Mei dan Juni. Adapun total penerimanya secara nasional sebesar 20,65 juta yang berasal dari data penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan bansos pangan yang tercatat di Kementerian Sosial (Kemensos).

Kemudian Pedagang Kaki Lima Warung (PKLW) yang berjumlah 2,5 juta penerima. Sehingga total penerima BLT minyak goreng menjadi 23,25 juta orang.

Sementara itu, diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat mengatakan, data penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng pada tahap awal ada 1.070.901 penerima.

Baca Juga: Penyaluran BLT Minyak Goreng Harus Diawasi, Pengamat: Sarat Orang Gemar Mengutil

Data tersebut sudah diberikan ke PT Pos Indonesia (Persero) sebagai penyalur BLT Minyak Goreng ke masyarakat.

“Saat ini yang sudah siap untuk disalurkan ada 1.070.901 itu sudah standing instruction ke Pos sebagai penyalur dari BLT,” kata Harry dalam Sapa Indonesia Akhir Pekan Kompas TV, Sabtu (9/4/2022).

Penyaluran BLT Minyak Goreng tahap awal ini saat ini masih dalam proses penyiapan lapangan. Selanjutnya, data sebanyak 17,2 juta penerima masih dalam proses di Online Monitoring Sistem Perbendaharaan Negara (OMSPAN).




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x