Kompas TV cerita ramadan kesehatan

Memilih Waktu yang Tepat Minum Kopi saat Bulan Puasa

Kompas.tv - 10 April 2022, 02:35 WIB
memilih-waktu-yang-tepat-minum-kopi-saat-bulan-puasa
Ilustrasi kopi, minum kopi (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Dian Septina | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagi sebagian orang memulai hari dengan secangkir kopi di pagi hari. Namun, di bulan Ramadan, kapan waktu yang tepat untuk meminum kopi?

Pasalnya, selama ini ada anggapan minum kopi saat sahur bisa menyebabkan orang dehidrasi, karena kandungan kafein dalam asupan ini dapat membuat sering buang air kecil.

Sementara itu, minum kopi saat buka puasa terkadang juga bisa membuat orang jadi susah tidur di malam hari. Akibatnya, membuat orang jadi telat atau bahkan melewatkan sahur.

Padahal, bagi orang yang sudah terbiasa minum kopi, melewati hari tanpa mengonsumsi kopi terkadang merasakan gejala penarikan kafein.

Baca Juga: Hati-hati, 5 Makanan Ini Sebaiknya Jangan Dikonsumsi Bersama Kopi dan Teh

Dilansir dari Buzzfeed, waktu yang tepat untuk minum kopi saat bulan puasa yakni setelah kelar santap sahur atau selepas menyantap hidangan buka puasa sebelum isya.

Asalkan tidak berlebihan, perut sudah terisi, dan tidak ada riwayat gangguan pencernaan, minum kopi pada saat bulan puasa umumnya aman.

Tubuh setiap orang biasanya memiliki preferensi sendiri, kapan waktunya paling pas minum kopi. Bagi orang yang sudah biasa minum kopi di pagi hari, bisa minum kopi saat sahur. Sedangkan bagi orang yang terbiasa minum kopi di siang atau sore hari, bisa minum kopi saat buka puasa.

Namun ingat, upayakan tidak minum kopi terlalu malam atau selepas Isya. Pasalnya, mengonsumsi asupan berkafein di malam hari bisa memengaruhi kualitas tidur.

Baca Juga: 5 Kopi Termahal di Dunia: Capai Rp43 Juta per Kilo, Mengapa Bisa Semahal Itu?

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x