Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Selain Tutup Semua Pelabuhan untuk Rusia, Uni Eropa juga Embargo Batu Bara

Kompas.tv - 8 April 2022, 13:12 WIB
selain-tutup-semua-pelabuhan-untuk-rusia-uni-eropa-juga-embargo-batu-bara
Tambang batu bara terbuka Krasnogorsky di Mezhdurechensk. (Sumber: Bloomberg via Japan Times)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV-  Uni Eropa (UE) resmi melarang impor batu bara Rusia dan menutup semua pelabuhan di negara-negara Uni Eropa untuk kapal Rusia. Keputusan itu diambil pada Kamis (7/4/2022).

Embargo terhadap batu bara Rusia ini adalah awal dari sanksi putaran ke-5 terhadap Rusia. Mengutip dari AFP, Jumat (8/4/2022), sanksi terbaru itu juga termasuk larangan eskpor ke Rusia untuk barang-barang berteknologi tinggi dan pembekuan beberapa aset bank Rusia.

Disamping sanksi untuk Rusia, Uni Eropa juga memberikan dukungan pada proposal untuk meningkatkan pendanaan pasokan senjata ke Ukraina sebesar 500 juta euro. Jika dihitung sejak awal perang, total bantuan senjata ke Ukraina sejak perang dimulai adalah 1,5 miliar euro.

Baca Juga: Tak Diizinkan Pakai Dolar, Rusia Bayar Utang Eurobonds Menggunakan Rubel

Presiden Dewan Eropa Charles Michel mengatakan, keputusan sanksi terbaru tersebut akan segera disahkan. Setelah disahkan, embargo batu bara Rusia akan mulai berlaku pada awal Agustus 2022.

Deretan sanksi baru menanti Rusia, setelah munculnya puluhan mayat warga sipil yang ditemukan akhir pekan lalu di Kota Bucha, dekat Kyiv.

Baca Juga: 60 Prajurit Terjun Payung Rusia Tolak Berperang di Ukraina, Putin Murka

Tragedi itu membuat Eropa berang dan akhirnya menyasar sektor energi Rusia untuk disanksi. Padahal, Eropa sangat bergantung pada sumber energi dari Rusia.

Setiap tahunnya, Eropa mengimpor batu bara dari Rusia senilai 4 miliar euro, untuk menutupi 45 persen kebutuhan mereka.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x