Kompas TV nasional sosial

Komisi IV Desak KLHK Lebih Serius Cegah dan Kendalikan Karhutla, Soroti Minimnya Alokasi Anggaran

Kompas.tv - 7 April 2022, 01:16 WIB
komisi-iv-desak-klhk-lebih-serius-cegah-dan-kendalikan-karhutla-soroti-minimnya-alokasi-anggaran
Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) lebih serius melakukan pencegahan (Sumber: dpr.go.id)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) lebih serius melakukan pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan.

Desakan tersebut disampaikan Johan saat mengikuti rapat dengar pendapat dengan KLHK di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Rabu (6/4/2022).

“Maka itu saya minta KLHK lebih serius melakukan pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di berbagai provinsi, demikian juga komitmen untuk membentuk 20.000 kampung iklim untuk penguatan aksi lokal pengendalian perubahan iklim," ujarnya.

Permintaan itu diutarakan oleh Johan setelah ia mengkritisi porsi belanja KLHK, yang pos anggarannya berjumlah Rp11,22 triliun, namun alokasi untuk ketahanan bencana dan perubahan iklim sangat kecil, yakni hanya 2,3 persen dari total belanja KLHK.

Menurut Johan, hal ini patut dipertanyakan, sebab Indonesia merupakan kawasan rawan bencana.

“Hal ini patut dipertanyakan karena negara kita merupakan kawasan rawan bencana dan pasti diperlukan anggaran yang memadai untuk menahan laju perubahan iklim” kata Johan, dikutip dari keterangan tertulis di laman resmi DPR.

Baca Juga: Karhutla Terjadi Pemprov Riau Siagakan 6.800 Petugas Gabungan

Tujuan anggaran tersebut, lanjut dia, harusnya diperuntukkan bagi penurunan laju deforestasi.

Serta menjaga kondisi lingkungan pada toleransi yang dibutuhkan, namun pada porsi anggaran sangat tidak memadai.



Sumber : dpr.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x