Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Kedutaan Rusia di Rumania Diserang Tabrakan Mobil Berapi, Kremlin Salahkan Histeria Anti-Rusia

Kompas.tv - 6 April 2022, 20:49 WIB
kedutaan-rusia-di-rumania-diserang-tabrakan-mobil-berapi-kremlin-salahkan-histeria-anti-rusia
Petugas menutupi mobil yang menabrak gerbang Kedutaan Rusia di Bukares, Rumania saat meninjau lokasi insiden tersebut pada Rabu (6/4/2022). (Sumber: Andreea Alexandru/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

BUCHAREST, KOMPAS.TV - Kedutaan Rusia di Bukares, Rumania diserang mobil yang menabrakkan diri ke gerbang kedutaan, Rabu (6/4/2022) pagi waktu setempat. Mobil itu langsung terbakar dan menewaskan sopir di dalamnya.

Menurut kepolisian setempat, mobil sedan yang digunakan pelaku menabrak gerbang sekitar pukul 6 pagi. Mobil tak sampai menerobos ke kompleks kedutaan sebelum kemudian dilalap api.

Petugas pemadam kebakaran dilaporkan berhasil memadamkan api, tetapi sopir tak berhasil diselamatkan.

Pejabat kejaksaan yang mendatangi lokasi menyebut sejumlah kotak berisi zat mudah terbakar ditemukan di dalam mobil. Zat-zat ini akan diperiksa lebih lanjut oleh ahli forensik.

Baca Juga: Empat Negara Uni Eropa Usir 73 Diplomat Rusia, Kremlin Janjikan Pembalasan

Insiden penabrakan ini masih diselidiki. Motif penyerangan belum bisa diketahui.

Kedutaan Rusia di Rumania sendiri merilis pernyataan yang mengungkapkan belasungkawa kepada keluarga sopir. Representatif Kremlin itu mengeklaim aksi ini terkait “histeria anti-Rusia” sehubungan invasi ke Ukraina.

“Kami menyatakan dengan penyesalan bahwa apa pun motif si sopir, tidak diragukan lagi dia melakukan ini di bawah pengaruh meledaknya histeria anti-Rusia terkait rekayasa provokasi di Bucha,” tulis pernyataan Kedutaan Rusia di Rumania dikutip Associated Press.

Pernyataan Rusia tersebut merujuk pada insiden dugaan pembantaian di Bucha, pinggiran Kiev, yang ditemukan usai pasukan Rusia mundur dari sana.

Moskow membantah pasukannya membantai warga sipil dan menuduh insiden Bucha hanyalah “rekayasa” pihak Ukraina.

Akan tetapi, berbagai tim pemeriksa fakta ramai-ramai membantah klaim Rusia itu. Singkatnya, klaim Moskow tak sesuai bukti yang ditemukan.

Duta Besar Rusia untuk Rumania Valery Kuzmin menyebut kedutaan di Bukares berulang kali diancam melalui surel usai peristiwa invasi ke Ukraina.

Sejak awal invasi, Rumania telah menampung lebih dari 600.000 pengungsi dari Ukraina. Pekan ini, Bukares pun mengikuti langkah sejumlah negara Uni Eropa yang mengusir diplomat Rusia.

Baca Juga: NATO Tolak Tuntutan Rusia untuk Tarik Pasukan dari Rumania dan Bulgaria


 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x