Kompas TV kolom sosial

Najwa Shihab dan Mimpi Narasi sebagai Jaringan Komunitas Anak Muda

Kompas.tv - 5 April 2022, 16:02 WIB
najwa-shihab-dan-mimpi-narasi-sebagai-jaringan-komunitas-anak-muda
Najwa Shihab (Sumber: Medio)
Penulis : Deni Muliya | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - “Berikan aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncang dunia

Kutipan legendaris tersebut berasal dari Ir. Soekarno, Sang Proklamator Kemerdekaan Indonesia. 

Bukan tanpa makna, ungkapan tersebut berusaha menggambarkan kedahsyatan peran pemuda sebagai mesin perubahan suatu bangsa hingga peradaban.

Baca Juga: Aksi Bersih-Bersih Sampah, Bentuk Edukasi Siswa SD & Para Pemuda Soal Pentingnya Menjaga Lingkungan

Dalam lini masa sejarah, sudah banyak tercatat peran-peran besar pemuda dalam menentukan keberlangsungan hidup bangsa. 

Misalnya, pada 2019 lalu, berbagai kelompok pemuda yang terdiri dari mahasiswa dan pelajar memutuskan untuk turun ke jalan sebagai manifestasi aspirasi serta aksi protes keras mereka terhadap RUU Cipta Kerja.

Najwa Shihab, seorang jurnalis kenamaan sekaligus aktivis, melihat potensi besar yang dimiliki para pemuda ini.

Ia lantas mendirikan Narasi.tv, sebuah perusahaan rintisan yang bergerak di bidang jurnalistik dan media massa serta menjadi wadah kolektif bagi para pemuda untuk mengembangkan potensinya.

Wisnu Nugroho, Pemimpin Redaksi Kompas.com, berkesempatan untuk mengulas pergumulan kehidupan Najwa sekaligus latar belakang jurnalis perempuan tersebut dalam mendirikan Narasi.tv melalui siniar (podcast) Beginu episode “Menciptakan Narasi Sebagai Ruang Anak Muda”. 

“Narasi.tv sejak awal targetnya anak muda, konten-konten kita rancang secara spesifik untuk menjawab kebutuhan anak muda. Bukan hanya dari sisi konten, kita dari dulu percaya bahwa harus ada ruang atau wadah mereka bergerak mengaktualisasikan diri,” ungkap Najwa.

“Jadi tidak hanya sebatas menikmati konten, tetapi juga menerjemahkan konten itu dalam bentuk aksi-aksi atau tindakan nyata," tambahnya.

Memang benar, selain berfokus sebagai media massa, Narasi.tv yang didirikan Najwa bersama dua jurnalis veteran, Dahlia Citra dan Catharina Davy, juga menyediakan suatu komunitas yang secara praktis menaungi anak-anak muda untuk melakukan aksi nyata, terutama bagi daerahnya masing-masing.

Baca Juga: Menpora Sebut Indeks Pembangunan Pemuda Menurun Gara-Gara Pandemi Covid-19, Ini Solusinya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x