Kompas TV regional berita daerah

Penukaran Uang Baru Lebaran, BI Jateng Siapkan Rp 22,7 Triliun

Kompas.tv - 5 April 2022, 12:46 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Bank Indonesia Jawa Tengah menyiapkan uang baru untuk kebutuhan lebaran tahun ini, sebanyak Rp 22,7 triliun, dan akan disebarkan melalui 56 bank yang ada di Jawa Tengah.

Dari Rp 22,7 triliun uang baru untuk kebutuhan lebaran, khusus untuk Kota Semarang, Bank Indonesia Jawa Tengah (BI Jateng) menyiapkan uang baru lebaran mencapai Rp 6,3 triliun. Untuk menghindari antrean dan mempermudah transaksi saat penukaran uang baru lebaran, BI menyiapkan aplikasi pintar.

Kepala Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah Rahmat Dwisaputra menegaskan, pelayanan penukaran uang baru lebaran sudah dimulai 4 hingga 29 April 2022. diharapkan uang baru kebutuhan lebaran yang sudah disiapkan oleh BI Jateng bisa mencukupi permintaan masyarakat akan uang baru.

"Tahun lalu ada penurunan 10 persen, ya mudah-mudahan sudah cukup. Karena pada tahun 2020 dan 2021 kita tidak ada mudik, makanya cukup menurun uang yang kita sediakan," ucap Rahmat Dwisaputra.

Kebutuhan uang baru sendiri menjadi tradisi masyarakat untuk keperluan lebaran. Biasanya uang baru tersebut untuk dibagi-bagikan kepada saudara saat lebaran tiba.

#uangbaru #bankindonesia #jateng



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x