Kompas TV nasional berita utama

Luhut: Pemerintah akan Gencarkan Vaksinasi Seusai Tarawih

Kompas.tv - 4 April 2022, 18:04 WIB
luhut-pemerintah-akan-gencarkan-vaksinasi-seusai-tarawih
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat berbicara dalam konferensi pers terkait evaluasi PPKM pada Senin (31/1/2022). (Sumber: Tangkapan layar video kanal Youtube Sekretariat Presiden RI)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan menggencarkan pelaksanaan vaksinasi seusai salat Tarawih hingga di area publik.

Luhut menegaskan, hal tersebut dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengikuti vaksinasi Covid-19 dan menjaga situasi pandemi tetap terkendali.

“Pemerintah akan melakukan pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan saat selesai Tarawih, dan tempat publik lainnya seperti stasiun, bandara, terminal bus, pusat keramaian, dan tempat-tempat pelaksanaan mudik bersama," kata Luhut dalam jumpa pers virtual seusai Rapat Terbatas Evaluasi PPKM dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (4/4/2022).

Menurut Luhut, saat ini peningkatan laju vaksinasi booster sudah mulai terlihat di Jawa-Bali sejak vaksinasi dijadikan syarat mudik Idulfitri.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Gelar Vaksinasi Booster di DKI Jakarta, Target Sehari Seribu Vaksin

"Sejak diumumkan sebagai salah satu syarat mudik Idulfitri tahun ini, laju vaksinasi harian untuk booster di seluruh Provinsi Jawa Bali mengalami tanda-tanda peningkatan yang cukup tinggi," kata Luhut.

“Untuk itu, pemerintah akan mendorong untuk menjaga momentum baik ini dan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menjangkau gerai-gerai vaksinasi,” tambahnya.

Dalam keterangannya, Luhut juga menyampaikan jika pemerintah mempersilakan masyarakat untuk dapat melaksanakan ibadah selama bulan suci Ramadan.

Tapi, pemerintah meminta protokol kesehatan tetap diterapkan secara ketat saat pelaksanaan ibadah di bulan Ramadan.

Baca Juga: Manfaatkan Ramadan, Pemerintah Buka Vaksinasi di Masjid Buat Jemaah Salat Tarawih

“Yaitu penggunaan masker dan juga melakukan pengecekan suhu, memastikan tempat ibadah memiliki saluran udara atau ventilasi yang baik,” ucapnya.

Tidak hanya mengimbau, Luhut menuturkan, pemerintah juga membagikan masker dan sabun cuci tangan kepada masjid-masjid untuk dipergunakan masyarakat yang tengah menjalankan ibadah Ramadan.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x