Kompas TV nasional peristiwa

Soal Penyebab Kebakaran Kios di Monas, Polisi: Dipicu Pertengkaran Pasangan Sesama Jenis

Kompas.tv - 4 April 2022, 16:30 WIB
soal-penyebab-kebakaran-kios-di-monas-polisi-dipicu-pertengkaran-pasangan-sesama-jenis
Ilustrasi kebakaran (Sumber: Pixabay)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Wisnu Wardana memaparkan penyebab kebakaran ratusan kios di Lenggang Jakarta, Monas, Kamis (31/3) pukul 04.45 WIB dini hari.

Wisnu mengatakan, berdasarkan keterangan tersangka dalam kasus kebakaran tersebut, WST (29), kebakaran dipicu oleh pertengkaran pasangan sesama jenis di salah satu kios.

WST mengaku bertengkar dengan salah satu pemilik kios, Dasrul Lubis, yang kiosnya menjadi titik awal kebakaran.

"Saudara WST pada malam itu memang bertengkar dengan Dasrul, kemudian sampai pukul 02.00 WIB, Dasrul meninggalkan tempat, kemudian WST mencari yang bersangkutan," kata Kompol Wisnu, dikutip dari Antara, Senin (4/4/2022).

"Sebelum meninggalkan lokasi, yang bersangkutan sudah melakukan pembakaran di lokasi kios Lubis dengan menggunakan korek api," imbuhnya. 

Baca Juga: Ratusan Kios Souvenir dan Kuliner di IRTI Monas Ludes Terbakar, Ada Dugaan Unsur Kesengajaan?

Wisnu menjelaskan, WST memulai pembakaran dengan menyulutkan korek api gas ke gorden, sehingga mengakibatkan kios milik Dasrul Lubis terbakar.

Namun, karena jarak antarkios berdekatan, kebakaran merembet hingga menghanguskan 24 unit kios kuliner, 180 kios suvenir, musala dan toilet.

Wisnu membenarkan bahwa tersangka WST dan pemilik kios, Dasrul Lubis, memiliki hubungan khusus. Motif tersangka melakukan pembakaran kios adalah cemburu terhadap Dasrul Lubis.

Saat ini polisi masih mendalami motif penyebab kebakaran. Namun, dipastikan tidak ada kecemburuan akibat persaingan bisnis, mengingat WST tidak memiliki lapak atau kios di Lenggang Jakarta, Monas.

"Untuk masalah mereka pasangan sejenis, memang yang bersangkutan ini ada hubungan khusus antara Dasrul Lubis dengan saudara WST," kata Wisnu.

Baca Juga: Api Melahap Habis 204 Lapak Pedagang di IRTI Monas, Pengelola Tempat Menduga Ada Unsur Kesengajaan

Sementara itu, WST mengakui kecemburuannya terhadap Dasrul yang telah dikenalnya selama enam bulan melalui media sosial.

"Iya saya cemburu terhadap Lubis karena dia sedang dekat dengan seseorang," kata WST.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x