Kompas TV cerita ramadan panduan

Wajib Paham, Ini Hal-Hal yang Membatalkan Puasa

Kompas.tv - 4 April 2022, 04:05 WIB
wajib-paham-ini-hal-hal-yang-membatalkan-puasa
Berikut adalah hal-hal yang membatalkan puasa di bulan Ramadan. (Sumber: Shutterstock/diplomedia)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Puasa adalah kewajiban bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia saat bulan Ramadan tiba. Namun saat menjalaninya, ada hal-hal yang membatalkan puasa yang tidak kita ketahui.

Puasa merupakan Rukun Islam ketiga yang menjadi salah satu tindakan pokok dalam menjalankan kepercayaan sebagai penganut agama Islam. 

Mengingat pentingnya menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan bagi umat muslim, penting juga mengetahui syarat sahnya puasa. 

Selain menjalani kewajiban saat berpuasa seperti menahan hawa nafsu, perlu diketahui pula hal-hal apa saja yang bisa membatalkan puasa. 

Dilansir dari NU Online, berikut delapan hal yang bisa membatalkan puasa:

Baca Juga: Masih Makan Sahur setelah Imsak, Apakah Puasa Menjadi Batal?

1. Masuknya sesuatu ke dalam tubuh secara sengaja. Hal tersebut maksudnya tidak boleh ada sesuatu yang masuk ke dalam tubuh melalui salah satu lubang yang berpangkal pada organ bagian dalam (jauf) seperti mulut, hidung, dan telinga.

Namun apabila hal tersebut terjadi dengan tidak sengaja, maka tidak membatalkan dan puasa tetap sah. 

2. Berobat dengan cara memasukkan obat atau benda melalui qubul (lubang bagian depan) atau dubur (lubang bagian belakang). Itu berarti pengobatan bagi orang yang menderita ambeien atau orang yang sakit dengan pengobatan memasang kateter urin bisa membatalkan puasa. 

3. Muntah dengan disengaja. Karena ditakutkan akan ada muntahan yang tertelan. Namun apabila tidak disengaja maka puasanya tidak batal selama tidak ada muntahan yang ditelan. 

4. Melakukan hubungan suami istri di siang hari puasa dengan sengaja. Tidak hanya membatalkan puasa, hal tersebut juga akan membuat orang yang melakukannya dikenai denda (kafarat).



Sumber : nuonline


BERITA LAINNYA



Close Ads x