Kompas TV nasional agama

Kemenag Pastikan Sidang Isbat Diikuti Perwakilan Ormas Islam, Termasuk NU dan Muhammadiyah

Kompas.tv - 2 April 2022, 23:24 WIB
kemenag-pastikan-sidang-isbat-diikuti-perwakilan-ormas-islam-termasuk-nu-dan-muhammadiyah
Pelaksanaan sidang Isbat awal Ramadan 1443 H di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama, Jumat (1 /4/2022). (Sumber: Dok. Humas Kementerian Agama)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Agama (Kemenag) memastikan sidang Isbat awal Ramadan 1443 Hijriah diikuti perwakilan ormas Islam. Termasuk perwakilan Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

Selain Ormas Islam, sidang Isbat pada Jumat 1 April 2022 juga dihadiri oleh duta besar negara sahabat, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Kemudian Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), serta Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag. 

Baca Juga: Sesuai Hasil Sidang Isbat, PP Persis Mulai 1 Ramadan Minggu 3 April 2022

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais-Binsyar) Kemenag Adib menjelaskan, sebelum menetapkan awal Ramadan 1443 H, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas selaku pimpinan sidang meminta pertimbangan dari perwakilan ormas Islam yang hadir secara langsung maupun secara virtual.

Permintaan masukan itu dilakukan Menag Yaqut setelah mendengarkan laporan terkait hasil hisab dan rukyatul hilal.

Dalam sidang Isbat tersebut, perwakilan dari Lembaga Falakiyah NU, Majelis Tarjih Muhammadiyah, serta Persatuan Islam (Persis) turut memberikan tanggapan terkati awal Ramadan 1443 H.

"KH. Abd. Salam Nawawi, MA dari Lembaga Falakiyah NU dan Dr. KH. Sriyatin Siddiq, MA dari Majelis Tarjih Muhammadiyah mengikuti secara daring. Sedang KH. Syarif Ahmad Hakim dari Persis mengikuti secara luring di Auditorium HM Rasjidi Kemenag," ujar Adib dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (2/4/2022).

Baca Juga: H.M Rasjidi: Menteri Agama Pertama, Namanya Diabadikan Jadi Tempat Sidang Isbat

Pemerintah telah menetapkan awal Ramadan 1443 H jatuh pada 3 April 2022.

Penetapan ini dilakukan menggunakan dua metode, yaitu metode hisab atau dengan cara perhitungan dan rukyatul hilal dengan cara melihat langsung keberadaan hilal.

Sebelumnya, PP Muhammadiyah telah menetapkan awal 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada Sabtu, 2 April 2022.

Penetapan 1 Ramadan 1443 H ini dilakukan berdasarkan hasil hisab wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x