Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Tolak Putin Datang ke KTT G20 di Bali, Trudeau Ingatkan Jokowi

Kompas.tv - 1 April 2022, 10:32 WIB
tolak-putin-datang-ke-ktt-g20-di-bali-trudeau-ingatkan-jokowi
Perdana Menteri Kanada telah mengingatkan Presiden RI Joko Widodo untuk mengevaluasi kehadiran Presiden Rusia Vladimir Putin di KTT G20, Kamis (31/3/2022). (Sumber: AP Photo/Markus Schreiber)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Desy Afrianti

OTTAWA, KOMPAS.TV - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau memperingatkan Presiden RI Joko Widodo untuk mengevaluasi kehadiran Presiden Rusia, Vladimir Putin di KTT G20.

Presiden Jokowi merupakan presiden G20 saat ini, dan Bali, Indonesia akan menjadi tuan rumah KTT G20, November mendatang.

Trudeau sendiri merupakan salah satu kepala negara G20 yang menolak kedatangan Putin ke pertemuan tingkat tinggi tersebut.

Hal itu terkait perintah penyerangan Putin yang akhirnya membuat Rusia menginvasi Ukraina.

Baca Juga: Brasil Tolak Larang Putin Hadiri G20, Mengaku Dukung Multilateralisme dan Hukum Internasional

“Ketika Vladimir Putin duduk di sekitar meja dengan sebagian dari kami, itu akan menjadi sangat sulit dan tak produktif untuk G20,” kata Trudeau kepada reporter di Ottawa seperti dikutip dari CBC News.

“Yang perlu digarisbawahi, ini tak bisa menjadi bisnis seperti biasa dengan adanya Vladimir Putin dan berpura-pura bahwa semuanya baik-baik saja. Karena itu tak baik dan itu salahnya,” kata Trudeau.

Trudeau mengatakan bahwa G20, yang ia gambarkan sebagai kelompok yang didekasikan untuk memastikan pertumbuhan ekonomi, tidak akan dapat berfungsi dengan partisipasi Rusia.

“Rusia yang saat ini melakukan penyerangan ilegal ke Ukraina, telah menjungkirbalikkan pertumbuhan ekonomi semua orang di seluruh dunia,” katanya.

“Dengan begitu, mereka tak mungkin menjadi mitra konstruktif dalam cara kita mengelola krisis,” kata Trudeau.

Sementara itu, Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva pada pekan lalu mengungkapkan Putin berencana hadir.

Baca Juga: Rusia Cuek jika Disingkirkan dari G20, Kremlin: Dunia Bukan Cuma AS dan Eropa

“Semua tergantung dari banyak hal, termasuk situasi Covid-19, yang semakin membaik. Sejauh ini keinginannya adalah ia ingin datang,” ujarnya.

Terkait kedatangan Putin ke G20 sendiri menjadi salah satu yang diperdebatkan.

Presiden AS Joe Biden sebelumnya mengungkapkan Rusia seharusnya dicopot dari kelompk tersebut jika seluruh anggota lainnya setuju.

Namun, Brasil menegaskan menolak melarang kehadiran Putin dalam pertemuan itu.



Sumber : CBC News


BERITA LAINNYA



Close Ads x