Kompas TV olahraga kompas sport

Al Rihla, Bola Resmi Piala Dunia 2022 Qatar Diluncurkan

Kompas.tv - 30 Maret 2022, 19:15 WIB
al-rihla-bola-resmi-piala-dunia-2022-qatar-diluncurkan
adidas merilis bola resmi untuk Piala Dunia 2022 Qatar bernama Al Rihla. (Sumber: Twitter @adidasfootball)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bola resmi untuk ajang Piala Dunia 2022 Qatar telah resmi dirilis oleh adidas dengan nama Al Rihla. 

Al Rihla yang merupakan bola ke-14 untuk Piala Dunia yang dibuat oleh adidas ini diklaim sebagai bola tercepat saat berada di udara. 

“Ini adalah Bola Pertandingan Resmi yang menakjubkan, berkelanjutan, dan berkualitas tinggi dari adidas yang akan dinikmati oleh para bintang yang tampil di puncak permainan mereka di panggung terbesar dunia di Qatar, serta pemain akar rumput di mana pun,” kata Jean-François Pathy, Direktur Pemasaran FIFA dikutip dari laman resmi mereka, Rabu (30/3/2022).

“Perjalanan Al Rihla di seluruh dunia akan mewakili jangkauan Piala Dunia FIFA yang luar biasa dan memberi penggemar kesempatan unik untuk terlibat dengan acara tersebut saat kegembiraan meningkat menjelang kick-off."

Al Rihla yang dibuat melalui data dan pengujian lab milik adidas itu mempunyai dua fitur utama yang menjadi keunggulan. 

Pertama adalah CRT-CORE yang memberikan kecepatan, akurasi dan konsistensi untuk aksi cepat dan presisi, dengan bentuk dan retensi udara maksimal, serta akurasi pantulan. 

Sementara fitur kedua adalah SPEEDSHEEL yang mampu meningkatkan akurasi, stabilitas saat berada di udara, dan berbelok berkat tekstur makro dan mikro yang dipadu dengan debossing di permukaan bola. 

Franziska Löffelmann, Direktur Desain – Football Graphics & Hardwear adidas menjelaskan, Al Rihla dibuat untuk mengimbangi kecepatan permainan sepak bola yang semakin lebih cepat dari tahun ke tahun. 

Baca Juga: Daftar Tim yang Sudah Lolos ke Piala Dunia 2022: Tersisa 5 Tempat Saja

Permainan ini semakin cepat dan, seiring kecepatannya, akurasi dan stabilitas penerbangan menjadi sangat penting,” kata Franziska Löffelmann. 

“Desain baru memungkinkan bola mempertahankan kecepatan yang jauh lebih tinggi saat bergerak di udara."

"Untuk panggung global terbesar di semua olahraga, kami membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin dengan inovasi radikal dengan menciptakan bola Piala Dunia FIFA tercepat dan terakurat hingga saat ini.”

Makna Al Rihla

Dalam bahasa Arab, Al Rihla secara harfiah. bermakna perjalanan. Bola ini kemudian dibuat dengan inspirasi dari budaya, arsitektur, perahu ikonik, dan bendera yang dimiliki oleh Qatar.

Warna-warna berani dan cerah yang diatur pada latar belakang bola mewakili negara tuan rumah Piala Dunia 2022 dan kecepatan permainan yang terus meningkat.

Penampilan publik pertama Al Rihla akan diperkenalkan bersama legenda seperti Iker Casillas, Kaká, Farah Jefry dan Nouf Al Anzi, yang akan bergabung dengan beragam bakat, termasuk pesepakbola wanita yang menjanjikan dari Qatar, UEA, Arab Saudi dan Mesir, ditambah pemain generasi berikutnya dari Doha's Aspire Academy.

Peluncuran ini akan menandai dimulainya perjalanan Al Rihla ke sepuluh kota di seluruh dunia - termasuk Dubai, Tokyo, Mexico City, dan New York - yang akan dibarengi oleh adidas untuk melakukan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan akses dan kesetaraan dalam olahraga di antara komunitas lokal.

Baca Juga: Suporter Wanita Timnas Iran Dilarang Nonton Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x