Kompas TV nasional politik

Jokowi Wajibkan Vaksin Booster untuk Syarat Mudik, Politikus PKS: Setop Buat Aturan Aneh

Kompas.tv - 28 Maret 2022, 07:33 WIB
jokowi-wajibkan-vaksin-booster-untuk-syarat-mudik-politikus-pks-setop-buat-aturan-aneh
Ilustrasi. Syarat mudik 2022 bagi yang sudah dan belum vaksin booster. (Sumber: Antaranews)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo menentang kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mewajibkan vaksin booster sebagai syarat perjalanan pada mudik lebaran tahun 2022.

Politikus PKS itu menilai mewajibkan vaksin booster sebagai syarat perjalanan adalah kebijakan yang aneh dan menyusahkan rakyat yang sudah dua tahun tidak mudik.

“Sesuai dengan pernyataan Kemenkes, booster itu tidak wajib tapi pilihan bagi masyarakat yang ingin menambahkan kekebalan. Karena sifatnya pilihan, jangan dijadikan syarat wajib perjalanan dong. Bikin susah masyarakat saja yang mau mudik. Setop buat aturan aneh,” kata Sigit dalam keterangan tertulis, Senin (28/3/2022). 

Baca Juga: Catat, Ini Syarat Mudik Lebaran 2022 untuk yang Belum dan Sudah Vaksin Booster

Menurut dia, selama dua tahun terakhir pemerintah selalu mengeluarkan kebijakan yang membingungkan dan menyusahkan rakyat disaat menjelang mudik lebaran. Namun, untuk momentum lain pemerintah terkesan memberikan kelonggaran.

“Sudah dua tahun aturan perjalanan untuk mudik sangat ketat, bahkan ada pelarangan dan penyekatan. Tapi lihat, saat hari libur lain kebijakannya lebih longgar. Bahkan, yang tadinya direncanakan ada pengetatan, malah dihapus dan dilonggarkan syarat perjalanannya,” ujarnya.

Ia mendesak pemerintah tidak mewajibkan vaksin booster sebagai syarat perjalanan saat mudik lebaran nanti. Menurutnya, aturan perjalanan yang saat ini berlaku sudah cukup untuk mencegah Covid-19.

“Aturan itu harus jelas dan jangan selalu berubah-ubah sesuka hati. Bikin susah masyarakat saja. Cukup vaksin lengkap dan jaga prokes. Juga tidak perlu antigen atau PCR lagi." 

"Waktu pelaksanaan MotoGP aja syarat mutlak prokes dilanggar, kenapa setiap mudik aturannya selalu buat susah. Sebagian masyarakat juga menolak vaksin booster menjadi syarat perjalanan dan menjadi trending topic di media sosial,” kata dia.

Di sisi lain, penerapan vaksin booster sebagai syarat perjalanan akan menyebabkan sektor transportasi kembali terpuruk seperti tahun sebelumnya.

“Saat ini operator transportasi umum mulai dari darat, laut, udara dan kereta api sudah menunjukan perbaikan setelah aturan perjalanan diperlonggar. Saat mudik ini tentu sangat mereka nantikan untuk bisa menambah jumlah penumpang yang mereka angkut. Kalau syarat perjalanan dipersulit, tentu penumpang juga akan berkurang," katanya.

Baca Juga: Layanan Vaksin Booster di Solo Bakal Dibuka Pagi-Malam, Gibran: Nek Isih Ngeyel Tak Parani Siji-siji

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memastikan bahwa masyarakat diperbolehkan mudik pada Lebaran tahun 2022. 

Namun, hanya yang sudah divaksin lengkap dan mendapat booster atau vaksinasi dosis ketiga yang boleh pulang ke kampung halaman. 

"Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik Lebaran juga dipersilakan, juga diperbolehkan," kata Jokowi dalam konferensi pers daring, Rabu (23/3/2022).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x