Kompas TV nasional agama

Hadir di Rakornas MUI, Maruf Amin: Kunci Peradaban Bangsa Terletak pada Perempuan

Kompas.tv - 26 Maret 2022, 17:35 WIB
hadir-di-rakornas-mui-maruf-amin-kunci-peradaban-bangsa-terletak-pada-perempuan
Wapres Maruf Amin dalam sebuah acara. Wapres di hadapan rakornas MUI bilang soal peran penting perempuan bagi bangsa (Sumber: Dokumentasi resmi Setwapres)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengatakan, kunci peradaban sebuah bangsa terletak pada perempuan.

Dia pun mengajak perempuan menjadi pionir atau pemrakarsa kebaikan di segala bidang, serta megambil peran strategis.

Hal tersebut disampaikan Wapres dalam sambutannya secara virtual saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Komisi Perempuan, Remaja, dan Keluarga Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jakarta, Sabtu (26/3/2022).

Wapres juga mendorong agar para perempuan aktif berkontribusi menyampaikan gagasan untuk kemajuan bangsa.

"Saya mengajak perempuan untuk mampu menjadi pionir atau pemrakarsa kebaikan. Kunci peradaban sebuah bangsa terletak pada perempuan dan dimulai dari lingkup terkecil, yaitu keluarga," ujar Wapres dikutip Antara, Sabtu (26/3/2022).

Wapres lantas menyampaikan menyongsong era masyarakat 5.0, seluruh elemen diharapkan siap menghadapi tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi.

Menurutnya, perempuan harus mampu mengambil peran strategis secara aktif melalui kontribusi pemikiran, gagasan, dan pandangan terhadap pembangunan bangsa sesuai dengan kepekaan dan kecerdasan sosial yang menjadi kekuatan perempuan.

"Perempuan harus memberdayakan potensi diri dan meningkatkan kualitas diri sehingga melahirkan kreativitas, inovasi, dan pemikiran konstruktif dalam perspektif kesetaraan gender di semua lini kehidupan masyarakat," jelasnya.

Baca Juga: Wapres soal Isu Penundaan Pemilu: Mandat Saya dan Pak Jokowi Hanya sampai 2024

Wapres Dorong Kesadaran Muslimah Ambil Peran Strategis

Pada kesempatan itu Ma'ruf Amin mengajak partisipasi seluruh pihak untuk membangun dan mendukung kesadaran perempuan muslimah untuk berpartisipasi di berbagai bidang.

Dia menekankan kehadiran pemimpin perempuan dalam berbagai sektor pembangunan layak diperhitungkan, termasuk dalam pembangunan karakter bangsa.

"Kita perlu terus mendorong agar semakin banyak perempuan Indonesia menempati posisi strategis dan berprestasi di tingkat nasional maupun global," ujarnya.

Termasuk, kata Ma'ruf, pada posisi pembuat keputusan demi mewujudkan kemaslahatan umat dan bangsa.

"Harapan saya, rakornas ini dapat menghasilkan pemikiran dan rekomendasi kebijakan yang berkualitas untuk kemajuan internal MUI sendiri, maupun bagi bangsa dan negara," harap Ma'ruf Amin.

Rakornas MUI ini sendiri adalah bagian dari upaya kaderisasi MUI, khususnya di bidang perempuan dan muslimah.

MUI Komisi perempuan, remaja, dan keluarga saat ini dipimpin oleh Dr Siti Ma'rifah, seorang ulama perempuan yang aktif dalam gerakan perempuan, sekaligus putri dari Wapres Ma'ruf Amin. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x