Kompas TV olahraga kompas sport

Buka Peluang Kerja sama Atlet Bola, Klub Pratama Arhan Tokyo Verdy Berencana Sambangi Indonesia

Kompas.tv - 25 Maret 2022, 18:54 WIB
buka-peluang-kerja-sama-atlet-bola-klub-pratama-arhan-tokyo-verdy-berencana-sambangi-indonesia
Suasana jumpa pers bersama yang turut dihadiri media Jepang secara luring dan media di Indonesia secara daring Dubes. Dari klub Tokyo Verdy hadir CEO Tokyo Verdy Takaaki Nakamura dan General Manager Tokyo Verdy Atsuhiko Ejiri, selain itu Dubes RI untuk Jepang juga hadir dalam acara ini. (Sumber: KBRI Tokyo)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

KOMPAS.TV - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi, menyambut baik bergabungnya Pratama Arhan ke Tokyo Verdy. 

Ia menyampaikan, keberadaan Arhan di klub liga 2 Jepang itu akan menjadi peluang baru kerja sama erat antara Indonesia dan Jepang.

“Bergabungnya Arhan ke Tokyo Verdy selain membawa harum nama Indonesia tentunya juga menjadi langkah baru kerja sama sepak bola antara Indonesia dan Jepang."

"KBRI Tokyo siap mendukung dan memfasilitasi kerja sama ini. Hal ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap penguatan kualitas sepak bola Indonesia,“ ujar Dubes Heri yang didampingi koordinator Fungsi Ekonomi Rima Cempaka di sesi Jumpa Pers, Jumat (25/3/2022).

Ia mengatakan Tokyo Verdy pada pertemuan sebelumnya telah menyampaikan bahwa perekrutan Arhan adalah sebuah permulaan dan akan melanjutkan kerja sama pengembangan kapasitas sepak bola tanah air.

Baca Juga: Intip Kabar Terkini Pratama Arhan di Jepang: Siap Tingkatkan Fisik untuk Bersaing di Tokyo Verdy

"Termasuk menerima magang dari pemain U-19 atau U-16 di Tokyo Verdy dan kolaborasi dengan klub-klub sepak bola di Indonesia serta ingin melakukan tur pramusim ke Indonesia,“ tambah Dubes Heri dalam siaran pers. 

Dikutip dari Antara, Tokyo Verdy yang merupakan klub sepak bola Liga 2 Jepang, J2 League itu berencana datang ke Indonesia jika situasi pandemi Covid-19 semakin terkendali di kawasan Asia.

"Semoga rencana itu bisa terlaksana," ujar GM Tokyo Verdy Atsuhiko Ejiri.

Menurut Atsuhiko, pihaknya akan membawa tim junior ke Indonesia. Hal itu menjadi misi Tokyo Verdy untuk menjalin kemitraan dengan beberapa akademi sepak bola di Tanah Air.

Tokyo Verdy, Atsuhiko melanjutkan, memang menaruh perhatian khusus kepada pembinaan pesepak bola muda.

Baca Juga: Sambut Kedatangan Arhan di Jepang, Tokyo Verdy Rilis Merchandise Resmi

"Pembinaan pemain muda merupakan nilai jual yang sangat baik bagi Tokyo Verdy," tutur dia.

Atsuhiko pun tidak menutup kemungkinan Tokyo Verdy untuk merekrut lagi pesepak bola-pesepak bola Indonesia setelah mendatangkan Pratama Arhan pada Maret 2022.

Usai sesi jumpa pers, acara dilanjutkan dengan resepsi terbatas yang dihadiri Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan secara daring.

Iriawan berharap dengan direkrutnya Arhan akan membuka jalan kerjasama sepak bola Indonesia – Jepang ke depan.

"PSSI, siap mendorong pengembangan kerja sama sepak bola dengan Jepang," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule itu. 

Baca Juga: Menang 4-0 atas PSIS Semarang, Persipura Jaga Asa Bertahan di Liga 1




Sumber : Kedubes RI untuk Jepang/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x