Kompas TV nasional hukum

Bacakan Duplik, Munarman Sebut FPI Sudah Lama Tolak Aksi Terorisme

Kompas.tv - 25 Maret 2022, 17:59 WIB
bacakan-duplik-munarman-sebut-fpi-sudah-lama-tolak-aksi-terorisme
Mantan Sekjen Front Pembela Islam (FPI) Munarman di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (15/7/2019). Munarman menyampaikan duplik pada sidang lanjutan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Jumat (25/3/2022). (Sumber: Tribunnews.com/ Rizal Bomantama)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman kembali membeberkan sejumlah bukti yang sudah diungkapkan di persidangan bahwa FPI dan dirinya mengecam aksi terorisme.

Seperti sikap tegas FPI yang mengecam aksi teroris bom Bali 2002. FPI dan dirinya menyatakan tindakan tersebut bukan sebagai bentuk jihat melainkan tindakan terorisme.

Ia merasa heran, dirinya dan FPI dikaitkan dengan teroris. Padahal FPI dan dirinya justru mendukung aparat negara memberantas terorisme dan kelompok teroris siapa pun mereka. 

Baca Juga: Jaksa Tolak Nota Pembelaan Terdakwa Terorisme Munarman

Baik kelompok yang menyalahgunakan simbol-simbol Islam ataupun kelompok yang tidak membawa atribut Islam.

Seperti dalam pernyataan sikap FPI dalam mengecam serta mendorong Polri untuk mengusut tuntas jaringan teroris sparatis pengacau keamanan yang melakukan penembakan pesawat Trigana Twin Otter-YRU pada 25 Juni 2018 di Bandara Keneyam, Kabupaten Nduga, Papua.

Pernyataan sikap ini ditandatangani ketua UMUM FPI dan Munarman pada 26 Juni 2018.

Kemudian mengecam tindakan pengemboman di sejumlah gereja di Jawa Timur pada 13 Mei 2018. Dalam poin lima FPI menyerukan semua umat beragama agar selalu menjaga hubungan baik dengan saling menghargai dan melindungi untuk Indonesia damai dan aman. 

Baca Juga: Munarman Bantah Tuduhan Lakukan Baiat Saat Bacakan Nota Pembelaan, Berikut Selengkapnya!

Sikap FPI itu ditandatangani Ketua Umum FPI, Sekum dan Imam Besar FPI Muhammad Rizieq Shihab. Begitu juga mengenai kecaman FPI terkait aksi bom Thamrin, Kamis (14/1/2016).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x