Kompas TV nasional politik

Menkominfo Usulkan E-Voting dalam Pemilu 2024, PKS: Persiapkan Matang, Jangan Tiba-Tiba Server Mati

Kompas.tv - 25 Maret 2022, 11:01 WIB
menkominfo-usulkan-e-voting-dalam-pemilu-2024-pks-persiapkan-matang-jangan-tiba-tiba-server-mati
Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PKS Sukamta. (Sumber: DOK. Oji/Man (dpr.go.id))
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI Sukamta menyambut baik gagasan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate tentang pemungutan suara pada Pemilu 2024 diselenggarakan melalui internet atau e-voting.

Anggota Komisi I DPR RI itu meminta pemerintah dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) mempersiapkannya secara matang agar nantinya tidak terjadi masalah.

"Selain itu soal stabilitas dan transparansi sistem dan pengelolaan sehingga bisa dipantau oleh semua pihak. Jangan sampai tiba-tiba server mati karena berbagai alasan dan tiba tiba on dan Pemilu serta perhitungan sudah selesai. Bisa geger kalau itu terjadi," kata Sukamta kepada KOMPAS TV, Jumat (25/3/2022). 

Baca Juga: PDIP Tolak Penundaan Pemilu, Muhaimin Iskandar: Saya Menunggu Panggilan Bu Mega

Selain itu, ia menilai keamanan siber nasional juga harus diperkuat. Sebab, menurut Sukamta, selama ini para peretas (hacker) masih dapat dengan mudah meretas sejumlah laman milik lembaga negara.

"Prasyarat utamanya antara lain adalah tersedianya sistem yang cukup kapasitasnya sehingga bisa diakses dan di-upload secara serentak se-Indonesia serta yang tidak kalah penting adalah security (keamanan). Hampir pasti server akan menjadi sasaran serangan cyber dari berbagai pihak," ujarnya. 

Menurut dia, bila pemerintah dan KPU dapat mempersiapkan pesta demokrasi lima tahunan itu melalui e-voting, akan mencegah jatuhnya korban jiwa petugas dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) seperti yang terjadi pada Pemilu 2019 lalu.

"Kalau prasyarat-prasyaratnya bisa terpenuhi, itu akan terjadi efisiensi luar anggaran yang luar biasa dan efektivitas kerja yang besar. Korban jiwa petugas Pemilu karena kelelahan dan lain lain akan bisa dihindari," katanya.

Sebelumnya, Menkominfo Johnny G. Plate mengusulkan pemungutan suara pada Pemilu 2024 diselenggarakan melalui internet atau e-voting.

Menurut politikus Partai NasDem itu, pemungutan suara melalui e-voting sangat mungkin dilakukan. Terlebih, banyak negara yang sudah menerapkan cara tersebut.

Baca Juga: Wapres soal Isu Penundaan Pemilu: Mandat Saya dan Pak Jokowi Hanya sampai 2024

Menteri Johnny menilai penggunaan teknologi digital dinilai lebih efektif dan efisien dalam penyelenggaraan pemilu.

“Pengadopsian teknologi digital dalam Pemilu memiliki manfaat untuk mewujudkan efektivitas dan efisiensi dalam proses kontestasi politik, baik dalam tahapan pemilih, verifikasi identitas pemilih, pemungutan suara, penghitungan suara hingga transmisi dan tabulasi hasil pemilu,” kata Johnny melalui keterangan resminya pada Rabu (23/3/2022).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x