Kompas TV regional berita daerah

Hasilkan Cuan dari Sabun Batang Limbah Kopi

Kompas.tv - 23 Maret 2022, 11:58 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kerajinan sabun batang ini merupakan industri rumahan yang dilakukan Umi dan Lili sejak tahun 2018. Usaha ini berawal dari keprihatinan akan pencemaran lingkungan. Merekapun lantas memilih limbah kopi untuk dijadikan sebagai bahan sabun. Hasil produksi tersebut iseng-iseng mereka posting ke media sosial. Tak disangka, ternyata banyak yang merespon dan berminat untuk membeli.

Bahan dasar yang digunakan adalah empat macam minyak alami, seperti minyak jarak, minyak kelapa, minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, dengan ditambah minyak esensial. Selain itu untuk menambah aroma dan memberi tekstur seperti lulur alami, Lili dan Umi menambahnya dengan ampas kopi.

"Pertama kita menjual sabun dengan design lucu-lucu dari bahan natural, belum masuk ke ranah organik. Salah satunya, kita menggunakan ampas kopi yang diambil dari sisa kedai-kedai kopi yang sudah tidak digunakan," ujar Umi dan Lili.

Dalam sebulan setidaknya mereka dapat memproduksi hingga 60 batang sabun. Setiap produksi tak mesti sama, sebab mereka akan terus berkreasi dengan warna, bentuk, dan juga aroma.

Selain sabun batang, home industri mereka juga membuat sabun alami dalam bentuk cair, pelembab bibir, lotion tubuh, lulur, dan deodoran.

Harga yang di tawarkan untuk sabun batang berkisar antara RP 15.000 hingga Rp 40.000 tergantung ukuran sabun. Sedangkan untuk sabun cair dijual mulai harga Rp 25.000 hingga Rp 55.000.

#industrirumahan #limbahkopi #semarang


 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x