Kompas TV regional berita daerah

Siswa SMAN 2 Palangkaraya Raih Medali Emas Internasional

Kompas.tv - 21 Maret 2022, 22:07 WIB

SEMARANG, KOMPAS.TV -  Hasil penelitian yang dilakukan oleh Jesalyn Grecya Rasnitara Tarigan, siswa kelas 10 di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Palangkaraya meraih tiga penghargaan sekaligus dalam perlombaan Youth International Science Fair yang digelar di Semarang.

Selain medali emas, Jesalyn juga berhasil meraih spesial award serta international exhibition inventcor, penghargaan dari negara Romania.
 

Baca Juga: Heboh Evakuasi Biawak Seberat 60 Kg, Petugas Damkar Banjarmasin Sempat Kewalahan

Jesalyn  membawa penelitian yang berbahan baku umbut kelapa sawit yang melalui hasil pengujian bisa menjadi penurun kadar kolesterol dalam darah, serta alternatif pengganti kembang tahu.

"Tentunya sangat senang dan bangga, berterimakasih terhadap sem,ua yang sudah ikut berpartisipasi, mendukung dan menyemangati kami semua sampai berada di titik ini," ucap Jesalyn Tarigan, Siswa SMA 2 Palangkaraya.

"Untuk SMA 2 Selain mendapatkan gold medal yaitu free registrasi untuk mengikuti even di Rimania  helita - guru pembimbing

Ratusan hasil penelitian diperlombakan dan dinilai oleh puluhan tim juri yang terdiri dari beberapa Negara.

"Di event ini juga akan terbangun mental, jadi mereka bukan hanya paham sebagai konsep," tutur Presiden Indonesian Young Scientist Association, Deni Irawan.

Baca Juga: Jelang Analog Switch Off, Penjualan Set Top Box di Banjarmasin Mulai Meningkat

Ajang Youth International Science Fair dilaksanakan di Gedung Universitas Dian Nuswantoro Semarang  diikuti sebanyak enam ratus tujuh puluh tiga peserta, dari dua puluh tiga negara  secara daring maupun tatap muka.

Khususnya peserta yang berasal dari luar negeri, harus mengikuti perlombaan secara daring dikarenakan kondisi pandemi covid sehingga peserta yang boleh hadir dibatasi.

Di ajang ini di tingkat  Sekolah Menengah Pertama,  Sekolah Madrasah Tsanawiyah Palangkaraya  berhasil meraih medali emas dan spesial award.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x