Kompas TV nasional peristiwa

Rara Pawang Hujan Mandalika Blak-blakan, Bicara Cara Kerja dan Akui Jokowi dan Erick Thohir Bos

Kompas.tv - 21 Maret 2022, 14:35 WIB
rara-pawang-hujan-mandalika-blak-blakan-bicara-cara-kerja-dan-akui-jokowi-dan-erick-thohir-bos
Pawang hujan di MotoGP Mandlika, Rara Istiati, menunjukkan kolam es batu yang tidak mencair yang digunakan untuk memanggil hujan gerimis. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sosok pawang hujan di sirkuti MotoGP Mandalika bernama Rara Istiati Wulandari kini menjadi sorotan publik dunia berkat kinerjanya sebagai pawang hujan.

Selama helatan Pertamina Grand Prix of Indonesia di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), nama Rara Istiati disebut sebagai salah satu yang mensukseskan acara tersebut.

Pihak MotoGP juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Rara Istiati. Padahal, sebelumnya menganggap bahwa pawang hujan tidak perlu.

Baca Juga: Rara Pawang Hujan Mandalika Tunjukan Es Batu Tak Meleleh untuk Panggil Gerimis: Kekuatan Doa

Pawang hujan Mandalika juga masih menjadi sorotan, terutama di jagat Twitter. Banyak netizen yang pro dan kontra dengan aksi Rara menghentikan hujan di sirkuit MotoGP Mandalika.

Namun, dari banyaknya pro dan kontra di dunia maya, banyak yang penasaran dengan sosok Rara Istiati, cara kerjanya dalam menghalau hujan, dan kiprahnya sebagai pawang hujan.

Jurnalis KOMPAS TV berkesempatan untuk mewawancarai pawang hujan Rara Istiati secara langsung. Berikut rangkumannya.

Bagaimana cara kerja pawang hujan di sirkuit MotoGP Mandalika?

“Waktu pre session test itu, tiga hari cuaca cerah, tapi efeknya di aspal (panas). Pihak aspal, pihak R3, katanya harus sedikit basah, yang penting kalau hari pertama tanggal 18 (Maret 2022) itu paginya hujan gerimis, habis itu cerah tapi tidak boleh panas. 

Malamnya tanggal 17 (Maret 2022), saya udah doa dulu. Kan sempat dibasah-bahain sama pihak pemadam kebakaran. 

Ini masih ada sisa es batu. Kalau mau ngusir (hujan) itu panas semua, ya. Kalau mau manggil hujan, begini (pakai es). Ini dari tadi pagi nggak meleleh. Logika berpikirnya kan, kita udah berapa jam.” 

Baca Juga: Fakta-fakta Rara Isti Wulandari, Pawang Hujan MotoGP Mandalika, Aksinya Dipuji Dunia

Bagaimana tanggapan Rara soal komentar dari Dorna atau pembalap MotoGP?

“Saya kalau lagi seperti itu fokus. Saya nggak dengerin, bahkan tadi ada yang teriak-teriak negatif sekilas, tapi saya nggak bawa hati karena saya menuju ke Tuhan, event ini harus sukses.”

Bagaimana cara Rara Istiani menyikapi komentar buruk?

“Jadi orang bule ngerasa pawang hujan apa fungsinya? Saya enggak masalah saya dah bilang sejak awal saya ini melayani untuk Indonesia."

Baca Juga: Media Asing Sorot Aksi Pawang Hujan Roro Istiati di Mandalika

Sebelum di MotoGP Mandalika, bagaimana kiprah Rara sebagai pawang hujan?

“Di sini ada bos saya Pak Erick Thohir dan Pak Jokowi. Saya sudah terbiasa membawa event kampanye itu intensif, waktu 2014 nggak terlalu intensif, saya hanya pas akhir-akhir aja dengan Pak Tjahjo Kumolo. Tapi saat kampanye akbar yang 2019, dari September 2018 sampai kampanye akbar Jokowi, saya intensif.

Saya kepingin Indonesia bangga dan ada kearifan lokal yang ada kolaborasi dengan Pak Hadi (Hadi Tjahjanto Komandan Lapangan MotoGP, red) atau BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional). Dan saya ingin membuktikan kekuatan doa. Tadi kan mereka pada negatif sama saya, tapi saya bawa Indonesia harus happy.”




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x