Kompas TV feature news or hoax

Pemerintahan Ibu Kota Negara Baru | News Or Hoax

Kompas.tv - 21 Maret 2022, 07:30 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Presiden Joko Widodo resmi melantik Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe, sebagai kepala dan wakil kepala otorita Ibu Kota Nusantara atau IKN. Pelantikan dilakukan berdasarkan keputusan presiden RI nomor 9 m tahun 2022, tentang pengangkatan kepala dan wakil kepala otorita Ibu Kota Nusantara, yang mulai berlaku pada 9 maret lalu.

Terpilihnya Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai pemimpin badan otorita IKN memastikan, bahwa jabatan ini tidak dialokasikan bagi kader partai politik. Ini sesuai dengan pernyataan Jokowi beberapa waktu lalu, bahwa calon kepala otorita IKN akan berasal dari kalangan non-partai.

Bambang dan Dhony akan memimpin proses pembangunan IKN nusantara. Mereka juga akan memimpin persiapan pemindahan Ibu Kota Negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur. Bambang menyatakan butuh waktu lama untuk membangun Ibu Kota Nusantara yang memiliki konsep cerdas, hijau, dan berkelanjutan.

Senin, 13 maret lalu, Presiden Joko Widodo melakukan kemah dan bermalam di titik nol Ibu Kota Negara Nusantara. Siang harinya, Presiden bersama 34 gubernur se-Indonesia melakukan ritual kendi nusantara di titik nol Ibu Kota Negara Nusantara. Ritual tersebut merupakan simbol pemersatuan 34 provinsi di Indonesia menjadi satu tanah air. Simbol ini terwujud dengan prosesi penyatuan tanah dan air, yang dibawa oleh para gubernur dari daerah masing-masing.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x