Kompas TV olahraga kompas sport

Gresini Racing Bawa Indonesia ke Sirkuit Mandalika, Sandiaga Uno Optimistis di MotoGP 2022

Kompas.tv - 20 Maret 2022, 07:49 WIB
gresini-racing-bawa-indonesia-ke-sirkuit-mandalika-sandiaga-uno-optimistis-di-motogp-2022
Pembalap Gresini Racing, Enea Bastianini saat tes pramusim MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika. (Sumber: TWITTER.COM/BESTIA23 )
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

MANDALIKA, KOMPAS.TV - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggandeng Gresini Racing untuk balapan MotoGP 2022 ini.

Praktis, membuat Indonesia punya 'wakil' yang akan berlaga pada seri kedua MotoGP  yang akan dimulai pukul 15.00 WITA di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (20/3/2022).

"Gresini Racing merupakan tim balap yang berkolaborasi dengan Kemenparekraf," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pada Sabtu (19/3), melansir Kompas.com.

Dua motor Ducati tunggangan pebalap Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio terdapat logo "Wonderful Indonesia" di bagian sayap depan.

Baca Juga: Disparekraf DKI Promosikan Wisata Kepulauan Seribu di Ajang MotoGP Mandalika

Sandiaga Uno berharap balap motor MotoGP tahun ini, khususnya di Sirkuit Mandalika akan menjadi suguhan pariwisata olahraga (sport tourism) menarik bagi para penggemar MotoGP dan wisatawan. 

Sandiaga Uno Optimistis

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan pergelaran balap motor MotoGP 2022 harus membawa optimisme kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Ada sejumlah suguhan dan hiasan khas MotoGP yang nantinya akan menyambut wisatawan yang dihadirkan sejak di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM).

Salah satunya adalah karya seni dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) desa wisata di Lombok seperti kain tenun, kerajinan, dan tarian dari Desa Wisata Dusun Sade. 

Kain-kain tenun yang menjadi tampilan antara lain Kedogan, Tapu Kemalu, Selulut, Subhanale, serta Keker. 

Baca Juga: Dua UMKM Jakarta Hadir di Pameran UMKM MotoGP Mandalika

Tercatat ada 300 produk dari subsektor fesyen, kriya, dan kuliner dalam pameran "Planogram Goes to Mandalika".

"Planogram memudahkan wisatawan membeli produk ekonomi kreatif dengan melakukan pemindaian pada setiap barcode di tiap produk," tutur Sandiaga Uno.

Tentang Sirkuit Mandalika

Seperti diketahui, panjang lintasan di Sirkuit Mandalika adalah 4,31 km. Lintasan ini punya 17 tikungan. 

Namun, catatan rancangan awal Sirkuit Mandalika memiliki panjang 4,32 km, berikut 19 tikungan. 

Lantas dari 17 tikungan tersebut, terdapat 11 belokan ke kanan dan 6 belokan ke kiri bertipe searah jarum jam atau clockwise
 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x