Kompas TV cerita ramadan amalan

Jelang Ramadan 2022, Ini Bacaan Doa Supaya Dipertemukan Kembali dengan Bulan Puasa

Kompas.tv - 18 Maret 2022, 16:27 WIB
jelang-ramadan-2022-ini-bacaan-doa-supaya-dipertemukan-kembali-dengan-bulan-puasa
Foto ilustrasi doa menyambut Ramadan 2022 1443 Hijriah (Sumber: jcomp/freepik)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bulan suci Ramadan 2022 atau Ramadan 1443 Hijriah akan dirayakan oleh umat Islam beberapa pekan lagi.

Meski pemerintah Indonesia belum menentukan 1 Ramadan 2022 jatuh pada tanggal berapa, namun sidang isbat oleh Kementerian Agama (Kemenag) dipastikan akan digelar pada 1 April 2022.

Hitung mundur Ramadan 2022 juga bisa dilakukan berdasarkan prediksi yang diterbirkan beberapa ormas.

Menurut kalender yang diterbiykan ormas Islam Majelis Tarjih & Tajdid PP Muhammadiyah, puasa Ramadan 2022 dimulai pada  2 April 2022.

Umat Islam, menyambut Ramadan 2022 dengan penuh suka cita karena telah diberi kesempatan untuk bertemu kembali dengan bulan yang istimewa.

Baca Juga: Niat Puasa Ganti Ramadan atau Qadha dan Tata Caranya, Segera Tuntaskan

Setiap Ramadan, seluruh umat islam diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh, sebagaimana Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 183.

Allah SWT berfirman:

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa. (QS. Al Baqarah: 183)

Ada berbagai keistimewaan pada bulan suci Ramadan yang biasanya dimanfaatkan umat islam untuk berlomba-lomba melakukan kebajikan.

Rasulullah SAW bersabda:

Dari Abu Hurairah r.a.Rasulullah s.a.w. bersabda, “Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi, Allah telah mewajibkan padamu berpuasa di bulan itu. Dalam bulan itu dibukalah pintu-pintu langit, dan ditutuplah pintu-pintu neraka, dan syaitan-syaitan dibelenggu. Pada bulan itu terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Siapa yang tidak memperoleh kebajikan di malam itu, maka ia tidak memperoleh kebajikan apapun”. (Hadis Riwayat al-Nasa`i: 2079 dan Ahmad: 8631. dengan redaksi hadis dari al-Nasa’i).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x