Kompas TV regional berita daerah

Lokalisasi Argorejo Berubah Jadi Kampung Kuliner

Kompas.tv - 15 Maret 2022, 15:59 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kawasan Argorejo atau lebih dikenal sebagai Kawasan Sunan Kuning berada di Kelurahan Kalibanteng Kulon, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah. Selama puluhan tahun kampung ini adalah kawasan lokalisasi.

Awalnya lokalisasi ini disebut Argorejo, namun lebih populer disebut Sunan Kuning atau SK, karena lokasinya tidak jauh dari makam Sunan Kuning. Dan saat ini praktik prostutusi di Kawasan Argorejo atau Sunan Kuning dihentikan oleh Pemerintah Kota Semarang. Wajah Kawasan Sunan Kuning pun berubah.

Untuk menggerakan perekonomian warga, Kawasan Argorejo yang kini disebut New Eska ini  dirubah menjadi kampung kuliner. Setiap minggu warga mengadakan pasar rakyat New Eska, dan melibatkan UMKM kampung setempat. Saat ini sudah ada 60 UMKM yang bergabung dan akan terus bertambah.

"Sementara ini ada sekitar 60 an UMKM yang ikut terlibat, yang utamanya adalah shelter-shelter ini maksimal untuk bisa digunakan sebaik-baiknya," kata Asror, koordinator pasar rakyat New Eska.

Pemerintah Kota Semarang menganggarkan dana sebesar Rp 200 juta untuk memulihkan citra Kawasan Sunan Kuning atau Argorejo ini. Dengan pasar rakyat UMKM ini, warga semakin sejahtera dan kreatif.

#pasarrakyat #umkm #semarang

 

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x