Kompas TV internasional kompas dunia

Jerman Beli Jet Siluman F-35A Lightning II dari AS, Dipicu Invasi Rusia ke Ukraina

Kompas.tv - 15 Maret 2022, 05:18 WIB
jerman-beli-jet-siluman-f-35a-lightning-ii-dari-as-dipicu-invasi-rusia-ke-ukraina
Pesawat F-35B di landasan pacu setelah mendarat di pangkalan angkatan udara Akrotiri Royal dekat kota Limassol, Siprus, Selasa, 21 Mei 2019. Jerman mengumumkan Senin bahwa mereka akan mengganti armada jet pengebom Tornado yang sudah tua dengan F-35A Lighting II buata AS. Pesawat yang mampu membawa senjata nuklir. (Sumber: AP Photo/Petros Karadjias)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

BERLIN, KOMPAS.TV - Jerman menyatakan akan membeli lebih dari 30 jet tempur siluman F-35A Lightning II buatan Amerika Serikat untuk mengganti jet pengebom Tornado yang sudah uzur, kata menteri pertahanan Jerman Christine Lambrecht, Senin, (15/3/2022) seperti laporan Associated Press.

Menteri Pertahanan Jerman itu juga mengumumkan keputusan pemerintahnya meningkatkan kemampuan jet tempur Eurofighter Typhoon agar mumpuni pada peperangan elektronik, yang saat ini dimainkan jet Tornado mereka. 

Eurofighter Typhoon Jerman rencananya akan diganti FCAS atau Future Combat Air System tahun 2040, yang saat ini sedang dikembangkan bersama dengan Prancis dan Spanyol, kata Lambrecht.

Komandan Au Jerman Ingo Gerhartz mengatkan perang Rusia di Ukraina membuat Jerman perlu memilih F-35A buatan Lockheed Martin, setelah sebelumnya Jerman mempertimbangkan untuk menganti Tornado mereka dengan campuran berbagai jet tempur Amerika Serikat dan Eropa.

Gerhartz mengatakan, "Hanya ada satu jawaban atas agresi (Presiden Rusia Vladimir) Putin," kata Gerhartz. “Persatuan NATO dan pencegah yang kredibel. Ini secara khusus berarti tidak ada alternatif selain memilih F-35.”

Militer Jerman tidak memiliki senjata nuklirnya sendiri, tetapi sebagai bagian dari sistem pencegahan nuklir yang dikembangkan selama Perang Dingin, militer Jerman mempertahankan pembom yang mampu membawa bom atom AS, beberapa di antaranya ditempatkan di Jerman.

Baca Juga: Jerman Ambil Langkah Mengejutkan, Anggarkan 100 Miliar Euro untuk Pertahanan Tahun 2022

Tornado milik Inggris, dari jenis yang sama dengan Jerman, lepas landas dari pangkalan Angkatan Udara Kerajaan Inggris di Akrotiri, Siprus Sabtu, 14 April 2018. Jerman mengumumkan Senin bahwa mereka akan mengganti armada jet pengebom Tornado yang sudah tua dengan F buatan AS. -35 Pesawat Lighting II yang mampu membawa senjata nuklir. (Sumber: Cpl L Matthews/MoD via AP)

Oposisi Partai Kiri mengkritik keputusan untuk membeli hampir 30 F-35 untuk militer Jerman.

“Kami menolak mempersenjatai Bundeswehr dengan jet tempur baru berkemampuan nuklir,” kata Ali Al-Dailami, wakil juru bicara pertahanan partai tersebut.

Al-Dailami mengatakan, dia memperingatkan bahwa memperlengkapi pilot Jerman untuk menjatuhkan bom atom Amerika Serikat dapat "mendorong risiko perang nuklir di Eropa."

Namun, Duta Besar AS untuk Jerman Amy Gutmann menyambut baik pengumuman itu, mengatakan pembelian Jerman atas jet tempur berkemampuan nuklir itu, Jerman "memperkuat partisipasinya yang berkelanjutan dalam misi berbagi nuklir NATO.”

“Pertanda kuat dari komitmen Jerman untuk pencegahan NATO tidak bisa datang pada waktu yang lebih baik,” kata Gutmann.

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengumumkan bulan lalu, Jermann menyisihkan dana khusus sebesar 100 miliar euro ($113 miliar dollar AS) untuk meningkatkan kemampuan angkatan bersenjatanya dan meningkatkan pengeluaran pertahanan di atas 2 persen dari produk domestik bruto.

Selama ini Jerman tertinggal jauh dari negara-negara NATO lain dalam belanja militer, dimana rata-rata negara NATO menyisihkan 2 persen dari PDB mereka untuk membeli senjata.



Sumber : Kompas TV / Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x