Kompas TV religi beranda islami

Kisah Dua Perempuan Saling Klaim Bayi, Solusinya Bikin Geleng-geleng Kepala

Kompas.tv - 11 Maret 2022, 11:42 WIB
kisah-dua-perempuan-saling-klaim-bayi-solusinya-bikin-geleng-geleng-kepala
Ilustrasi bayi. Inilah kisah dua perempuan yang berebut klaim, kisah sufi dari Abu Nawas yang bikin geleng-geleng (Sumber: michalbarhaim/unsplash)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut ini merupakan kisah yang terjadi pada Zaman Harun Al-Rasyid, ketika dua orang perempuan saling klaim atas seorang bayi mungil dan cantik.

Harun Al-Rasyid sendiri salah seorang raja masyhur dalam Islam di Bani Abbasiyah pada tahun 700-an masehi. 

Alkisah, perstiwa aneh ini membuat Harun Al-Rasyid kebingungan. Soalnya, kasus ini sudah berhari-hari berlangsung dan saling klaim terus terjadi. Hakim istana juga kesulitan memutuskan kasus ini hingga ia menghadap sang raja. 

Harun Al-Rasyid yang bijaksana itu meminta dari mereka untuk mengalah dan mengaku karena tidak mungkin bayi tersebut lahir dari rahim dua perempuan.

Hal ini justru membuat keduanya naik pitam. Tetapi kebijaksanaan Baginda Raja Harun Al Rasyid justru membuat kedua perempuan makin mati-matian saling mengaku bahwa bayi itu adalah anaknya.

Ia putus asa. Hingga akhirnya teringat sebuah nama seorang sufi yang mungkin bisa membantu. Baginda berputus asa. Sosok itu bernama Abu Nawas. 

Baca Juga: Kisah Sufi Diadili karena Justru Makan ketika Puasa, Jawabannya Bikin Jengkel

Cara Abu Nawas Menyelesaikan Kaus Perempuan Klaim Bayi

Abu Nawas pun dipanggil ke istana dan akhirnua mendapatkan cerita dari Raja Harun Al-Rasyid.

Setelah mendengarkan kasus tersebut, Abu Nawas tidak mau menjatuhkan putusan pada hari itu melainkan menunda sampai hari berikutnya

Keesokan harinya sidang pengadilan diteruskan. Tak ada angin dan hujan, Abu Nawas meminta dipanggilkan algojo. Tugasnya masih dirahasiakan. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x