Kompas TV nasional berita utama

Sore Nanti, Jokowi Lantik Kepala dan Wakil Badan Otorita IKN Nusantara Masa Jabatan Tahun 2022-2027

Kompas.tv - 10 Maret 2022, 08:25 WIB
sore-nanti-jokowi-lantik-kepala-dan-wakil-badan-otorita-ikn-nusantara-masa-jabatan-tahun-2022-2027
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Sumber: Laman Youtube resmi Sekretarian Presiden)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo akan melantik Kepala dan Wakil Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Masa Jabatan Tahun 2022-2027, hari ini.

Menurut rencana pelantikan Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) akan dilakukan pada pukul 15.00 WIB di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (10/3/2022).

Demikian Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin di Sapa Indonesia Pagi hari ini.

“Kalau tidak ada aral melintang akan memenuhi janji Beliau dalam pekan ini dan insya Allah nanti kita akan liat,” kata Ali Mochtar Ngabalin.

Baca Juga: KSP Sebut Jokowi Kemungkinan Lantik Kepala IKN Pekan Ini

Ali lebih lanjut dikonfirmasi soal dua ama yang disebut-sebut akan mengisi jabatan Kepala dan Wakil Badan Otorita IKN yakni Bambang Susantono dan Donny Rahajoe.

Menurut Ali, nama yang terpilih mengisi jabatan Kepala dan Wakil Badan Otorita IKN harus memenuhi tiga factor penting sebagaimana disampaikan Presiden Jokowi.

“Ya paling tidak kan seperti yang disampaikan oleh Bapak Presiden bahwa tiga faktor penting utama itu adalah mereka-mereka yang dipercayakan, diamanahkan untuk memimpin daerah khusus ibu kota Nusantara ini adalah anak-anak Indonesia, orang-orang Indonesia yang memiliki prestasi dan tentu tidak dari partai politik,” tegasnya.

Baca Juga: Perang Rusia-Ukraina Bakal Membebani APBN, Akademisi Sarankan Dana untuk IKN Dievaluasi

“Sehingga konsentrasi untuk terus (bekerja) karena ini adalah daerah baru yang akan dibangun dengan demikian maka tentu saja Bapak Presiden berharap agar konsentrasi penuh terhadap pembangunan ibukota DKI Nusantara ini menjadi bagian yang penting,” tambahnya.

Di samping itu, lanjut Ali Mochtar Ngabalin, tentu saja nama yang terpilih mengisi jabatan Kepala dan Wakil Badan Otorita IKN harus memiliki latar belakang yang cukup sesuai kriteria yang ditentukan oleh Presiden Jokowi untuk IKN Nusantara.

“Faktor terkait latar belakang, pengalaman, kemudian kapasitas dan kapabilitas, serta memang memiliki kepiawaian dalam bidang yang diinginkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo,” ucap Ali Mochtar Ngabalin.

Informasi yang diperoleh KOMPAS TV, pelantikan Kepala dan Wakil Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) akan dilakukan bersamaan dengan pelantikan Gubernur Sulawesi Selatan sisa masa jabatan Tahun 2022-2023.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x