Kompas TV regional update

Polda NTB akan Lakukan Tindakan Tegas Terukur pada Pihak yang Ganggu Keamanan MotoGP Mandalika

Kompas.tv - 9 Maret 2022, 20:04 WIB
polda-ntb-akan-lakukan-tindakan-tegas-terukur-pada-pihak-yang-ganggu-keamanan-motogp-mandalika
Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Pol Djoko Poerwanto. (Sumber: Humas Polri)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

MATARAM, KOMPAS.TV – Personel Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Barat (NTB) akan melakukan tindakan tegas terukur pada orang atau kelompok yang coba mengganggu kegiatan Pertamina Grand Prix of Indonesia di Mandalika.

Hal itu tercantum pada poin keempat Maklumat Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Kapolda NTB) Irjen Pol Djoko Poerwanto untuk pengamanan MotoGP Mandalika.

“Bahwa apabila ada kelompok atau perorangan yang mencoba mengganggu kegiatan Pertamina Grand Prix of Indonesia maupun kegiatan internasional lainnya (baik menjelang, saat pelaksanaan, maupun pasca-pelaksanaan), maka Polda NTB dan Polres jajaran akan melakukan tindakan tegas dan terukur dalam penegakan hukum yang sesuai dengan peraturan perundangan,” demikian isi poin keempat maklumat, seperti dikutip dari laman resmi Humas Polri, Rabu (9/3/2022).

Baca Juga: Logistik Pebalap MotoGP Tiba di Lombok, Langsung Dibawa ke Sirkuit Mandalika untuk Pemeriksaan

Terdapat lima poin dalam maklumat bernomor Mak/1/III/2022 tertanggal 8 Maret 2022 dan ditandatangani Kapolda NTB Irjen Pol Djoko Poerwanto tersebut.

Pada poin pertama disebutkan bahwa Lombok Tengah menjadi kebanggaan karena menjadi tuan rumah kegiatan Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP 2022) yang dilangsungkan di Sirkuit Mandalika.

Maklumat Kapolda NTB. (Sumber: Humas Polri)

“Bahwa keamanan dan ketertiban masyarakat merupakan salah satu prasyarat untuk sukses terselenggaranya kegiatan Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP 2022) maupun kegiatam Internasional lainnya di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat,” bunyi Maklumat poin dua, yang dirilis Bidhumas Polda NTB, Selasa (8/3/2022).

Selanjutnya, pada poin ketiga, Kapolda berharap seluruh warga NTB khususnya masyarakat Kabupaten Lombok Tengah agar mendukung terselenggaranya MotoGP dengan menjaga keamanan dan ketertiban bersama.

Terkait pengamanan kegiatan tersebut, sebanyak 3.427 personel gabungan TNI-Polri akan dikerahkan selama jalannya event MotoGP Mandalika tanggal 18-20 Maret 2022.

“3.472 personel tersebut akan diambil dari dalam daerah maupun BKO (bawah kendali operasi) dari Mabes Polri,” kata Kapolda NTB.

Baca Juga: Bersama Marc Marquez, Presiden Jokowi Bakal Konvoi Motor Sambut Gelaran MotoGP Indonesia 2022

Jenderal bintang dua ini berharap semua pihak melibatkan diri menjaga gelaran MotoGP Mandalika.

“Selaku tuan rumah gelaran MotoGP Mandalika, NTB harus bangga, karena tidak semua provinsi ada event sebesar MotoGP,” ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x