Kompas TV regional berita daerah

2500 Dosis Vaksin Astrazeneca Kedaluarsa

Kompas.tv - 9 Maret 2022, 18:44 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MADIUN, KOMPAS.TV - Ribuan dosis vaksin astrazeneca di gudang farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, Jawa Timur, telah kedaluarsa. Saat diterima, vaksin tersebut telah mendekati batas expired date, dan kini tidak bisa digunakan untuk program vaksinasi kepada masyarakat.

Sebanyak 2500 dosis vaksin jenis astrazeneca di UPTD gudang farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, Jawa Timur, telah memasuki masa kedaluarsa. Ribuan dosis vaksin ini, kini tidak dapat lagi digunakan untuk program vaksinasi kepada masyarakat.

Menurut Kabid Pengendali dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, 2500 dosis vaksin tersebut, memasuki tanggal kedaluarsa pada 28 Januari 2022 lalu. Sementara ribuan vaksin astrazeneca yang telah kedaluarsa ini, tiba di gudang farmasi pada tanggal yang sama yakni 28 Februari 2022.

Sehingga, ribuan dosis vaksin ini, belum sempat digunakan atau didistribusikan ke puskesmas. Saat ini vaksin yang telah kedaluarsa masih disimpan dalam boks pendingin di gudang farmasi, sambil menunggu petunjuk lanjutan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Saat ini, stok vaksin yang belum kedaluarsa di gudang farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun dan seluruh puskesmas masih tergolong cukup dan aman. Sementara capaian vaksinasi dosis pertama dan dua telah diatas 80 persen.

#beritamadiun

#vaksinkedaluarasa

#kedaluarsa

#vaksin




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x