Kompas TV regional update

Lolos UJi Ketahanan Banjir, 30 Unit Bus Listrik TransJakarta Siap Beroperasi

Kompas.tv - 9 Maret 2022, 04:55 WIB
lolos-uji-ketahanan-banjir-30-unit-bus-listrik-transjakarta-siap-beroperasi
Tampak depan bus listrik TransJakarta merek BYD yang telah lolos uji ketahanan banjir sehingga siap untuk segera dioperasikan. (Sumber: Kompas Tv/Ant)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak 30 unit bus listrik milik PT TransJakarta telah lolos uji ketahanan banjir, sehingga siap untuk segera beroperasi di Ibu Kota.

Direktur Utama PT TransJakarta Mochammad Yana Aditya mengatakan, nantinya bus tersebut bakal melayani empat rute non-BRT.

"Untuk antisipasi banjir, bus ini sudah lolos uji. Semua terkait banjir, kecelakaan, sudah kami uji, sehingga semuanya bisa diantisipasi," kata Yana dalam peluncuran bus listrik TransJakarta, Selasa (8/3/2022).

Yana menjelaskan, pentingnya uji ketahanan banjir itu termasuk sebagai indikator utama bagi operator untuk memilih armada bus yang akan digunakannya.

Baca Juga: Anies Akan Ganti Separuh Armada Bus Transjakarta Jadi Bus Listrik Sebelum 2025

"Kami menyerahkan kepada operator untuk bisa memilih bus listrik mana yang akan digunakan. Tentu semua merek yang ada harus lolos uji dari tempat kami," terang Yana.

Sebagai informasi, 30 unit bus listrik yang segera beroperasi tersebut merupakan produksi dari BYD (Build Your Dream) dengan agen pemegang mereknya yaitu PT Bakrie and Brothers.

Adapun 30 unit bus listrik tersebut bakal tersebar di beberapa rute non-BRT, meliputi 1P (Terminal Senen-Bundaran Senayan), 1R (Tanah Abang-Terminal Senen), 1N (Blok M-Tanah Abang), serta 6N (Ragunan-Blok M), dengan jam operasional pukul 06.00-21.00 WIB.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan, setidaknya ada 100 bus listrik yang siap beroperasi dalam layanan TransJakarta hingga akhir tahun nanti.

Baca Juga: Anies: Transjakarta akan Mulai Operasikan Bus Listrik Pekan Ini



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x