Kompas TV nasional peristiwa

Polda NTB Siap Amankan Ajang MotoGP Mandalika, 47 Pos Pengamanan Didirikan

Kompas.tv - 7 Maret 2022, 16:16 WIB
polda-ntb-siap-amankan-ajang-motogp-mandalika-47-pos-pengamanan-didirikan
Sejumlah pekerja tengah melakukan pengaspalan ulang di tikungan ke-17 lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB. (Sumber: ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Edy A. Putra

LOMBOK, KOMPAS.TV - Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan aparat gabungan TNI dan Polri telah siap mengamankan penyelenggaraan ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP 2022) yang akan berlangsung pada 18 - 20 Maret di Sirkuit Internasional Mandalika.

Kepala Polres Lombok Tengah AKBP Hery I Cahyono mengatakan, sebanyak 47 pos pengamanan telah dibangun sebagai persiapan keamanan dalam menyambut tamu yang akan ke Mandalika.

"Pos pengamanan yang dibangun itu berada di sekitar KEK Mandalika termasuk di beberapa titik di luar kawasan," kata Hery dalam keterangan tertulisnya, Senin (7/3/2022).

Selain itu juga, kata Hery, pengamanan arus lalu lintas menuju Sirkuit Mandalika juga telah dipersiapkan dengan baik, supaya tidak terjadi kemacetan.

"Pengaturan lalu lintas juga telah siap," katanya.

Baca juga: Erick Thohir: Tiket Hari Terakhir MotoGP Mandalika Ludes Terjual

Ia menambahkan, pengamanan yang akan dilakukan nanti juga menyangkut penerapan protokol kesehatan sampai dengan hal-hal terkecil, seperti pemberlakuan pembatasan jam untuk ajang atau hiburan.

"Penerapan protokol kesehatan Covid-19 dalam kegiatan MotoGP itu menjadi perhatian guna mencegah penyebaran virus tersebut," katanya.

Selama penyelenggaraan MotoGP, polisi juga akan menyekat akses masuk menuju Sirkuit Mandalika. Polisi berharap kepada semua pihak untuk menyosialisasikan kebijakan itu, supaya warga setempat tidak protes.

"Kami akan ada penyekatan agar warga tidak protes sewaktu berjalannya kegiatan MotoGP 2022," katanya.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa tiket hari terakhir balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika telah habis terjual.

"Kami hadir di sini untuk mengucapkan apresiasi yang luar biasa atas animo masyakat karena tiket MotoGP untuk yang utama bisa terjual habis," kata Erick dalam konferensi pers terkait Persiapan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 yang berlangsung secara virtual dikutip dari Antara, Minggu (6/3/2022).

Saat ini, pengelola Sirkuit Mandalika tengah mengebut pengerjaan pengaspalan ulang di beberapa titik lintasan. 

Rencananya, semua proses pengaspalan ulang hingga pengecatan ditargetkan rampung pada Rabu (9/3/2022). 

"Pengaspalan akan dilakukan hingga Selasa dan pengecatan ditargetkan selesai Rabu (9/3)," kata Direktur Utama MGPA Priandhi Satria dalam kesempatan yang sama. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x