Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Vladimir Putin Sebut Sanksi Ekonomi Barat seperti Deklarasi Perang

Kompas.tv - 6 Maret 2022, 16:11 WIB
vladimir-putin-sebut-sanksi-ekonomi-barat-seperti-deklarasi-perang
Ilustrasi. Seorang demonstran di Dusseldorf, Jerman membawa poster yang menyamakan Vladimir Putin dengan Adolf Hitler. Pada Sabtu (5/3/2022), Putin mengecam sanksi ekonomi yang diberlakukan Barat terhadap Rusia. (Sumber: Roberto Pfeil/DPA via Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

MOSKOW, KOMPAS.TV - Presiden Rusia Vladimir Putin mengecam sanksi ekonomi yang diberlakukan negara-negara Barat dan menyebutnya seperti “deklarasi perang”. Sang presiden juga memperingatkan masa depan suram Ukraina jika terus-menerus bertarung.

Putin menyampaikan hal tersebut dalam pertemuan dengan pramugari/pramugara maskapai Aeroflot yang disiarkan televisi Rusia, Sabtu (5/3/2022).

Aeroflot sendiri adalah salah satu perusahaan yang paling terdampak oleh sanski ekonomi terhadap Rusia. Akibat larangan melintasi wilayah udara berbagai negara, termasuk seluruh negara anggota Uni Eropa, Aeroflot terpaksa menangguhkan operasi internasional, kecuali ke Belarusia.

Mengenai sanksi terhadap Rusia dan perang yang berlarut-larut, Putin menyalahkan pemerintah Ukraina yang disebutnya akan hanya memperburuk masa depan negara itu.

“Jika mereka melanjutkan apa yang mereka lakukan, mereka menghadirkan pertanyaan mengenai kenegaraan Ukraina. Dan jika itu terjadi, itu selamanya akan membekas di benak mereka,” kata Putin dikutip Associated Press.

Baca Juga: Pelarian Belarusia di Ukraina Ikut Angkat Senjata, Ajak Rakyat Belarusia Lawan Putin dan Lukashenko

Putin menyebut sanksi berturut-turut oleh negara dan perusahaan swasta Barat hanya memperburuk keadaan. Namun, ia bersyukur ketegangan ini tidak sampai ke konflik terbuka.

“Sanksi-sanksi yang diberlakukan ini mirip dengan suatu deklarasi perang. Namun, terima kasih, Tuhan, kita belum sampai ke sana,” kata presiden yang menguasai Rusia sejak 1999 ini.

Pada Sabtu (5/3), ekonomi Rusia kembali dihantam oleh sanksi baru. Perusahaan Visa dan Mastercard menangguhkan layanan mereka di Rusia.

Baca Juga: Dapat Sanksi Ekonomi dari Barat, Dubes Rusia Georgievna: Ekonomi Kami Telah Beradaptasi

Sebelumnya, layanan keuangan Google dan Apple juga diberhentikan di Rusia menyusul agresi militer ke Ukraina yang dimulai pada 24 Februari.

Selain itu, sejumlah bank Rusia juga diblokir dari layanan transaksi finansial global, SWIFT. Nilai tukar rubel Rusia terhadap dolar AS juga anjlok. Per Minggu (6/3), satu dolar AS kini senilai 122,5 rubel.

 



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x