Kompas TV nasional peristiwa

Ditjen Imigrasi Pastikan 80 WNI yang Dievakuasi dari Ukraina Telah Lalui Pemeriksaan Covid-19

Kompas.tv - 4 Maret 2022, 10:29 WIB
ditjen-imigrasi-pastikan-80-wni-yang-dievakuasi-dari-ukraina-telah-lalui-pemeriksaan-covid-19
80 WNI yang dievakuasi dari Ukraina tiba di Indonesia setelah dijemput dengan pesawat Garuda di Rumania, Kamis (3/3/2022). (Sumber: Dok. Garuda Indonesia)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah telah berhasil memulangkan 80 warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Ukraina ke Tanah Air dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 7730 pada Kamis (3/3/2022).

Koordinator Humas Ditjen Imigrasi Arya Pradhana Anggakara menyatakan proses pendaratan telah sesuai dengan protokol kedatangan pelaku perjalanan dari luar negeri yang diatur dalam Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 nomor 7 Tahun 2022.

Rombongan yang dievakuasi dari Ukraina itu tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Kamis pukul 17.10 WIB. Ia mengatakan, rombongan tersebut telah melalui pemeriksaan keimigrasian sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

“Seluruh proses pemeriksaan keimigrasian oleh petugas imigrasi dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Satgas Penanganan Covid-19”,  kata Angga dalam keterangan resminya yang dikutip Jumat (4/3/2022). 

Angga menuturkan kementerian dan lembaga terkait, termasuk Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, turut dilibatkan dalam proses kedatangan para WNI tersebut.

"Selain 80 orang WNI, dalam rombongan evacuee terdapat 3 (tiga) WNA (warga negara asing) yang merupakan keluarga dari WNI," kata Angga.

Menurut penjelasannya, para WNI dan WNA ini diberangkatkan dari Bucharest, Rumania menuju Jakarta pada pukul 20.23 waktu setempat.

Mereka, lajut Angga, menempuh rute perjalanan Bucharest – Madinah – Jakarta selama kurang lebih 17 jam.

Baca Juga: Ini Misi Evakuasi yang Dilakukan Garuda Indonesia Selain 80 WNI dan Keluarga dari Ukraina

Begitu tiba, mereka langsung diarahkan menuju area holding bay untuk menjalani pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kementerian Kesehatan.

Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan yang dilakukan di Tempat Pemeriksaan Imigrasi Terminal 2 Internasional Bandara Soekarno-Hatta.

Pada saat kedatangan, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi yang didampingi unsur-unsur terkait hadir secara langsung untuk menyambut kedatangan WNI dan WNA yang berhasil diselamatkan dari wilayah konflik di Ukraina itu.

80 WNI Jalani Karantina di Pasar Rumput

Sebanyak 80 WNI dari Ukraina, saat ini tengah menjalani karantina di Pasar Rumput sebagai bagian dari prosedur kesehatan Covid-19.

Seperti diketahui, berdasarkan aturan terbaru karantina di Indonesia, para pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) diwajibkan untuk menjalani karantina selama tiga hari. Terutama bagi mereka yang sudah mendapat vaksin Covid-19 lengkap.

Adapun seluruh WNI dan WNA dari Ukraina itu tiba di Pasar Rumput pada Kamis malam.

Mereka datang di Pasar Rumput menggunakan bus milik Kementerian Luar Negeri. Sebelum masuk, seluruhnya diperiksa terlebih dahulu di sebuah tenda yang dijaga oleh petugas.

Baca Juga: Ini Tim Evakuasi dan Penjemput 80 WNI Keluar dari Ukraina




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x