Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Yang Terjadi Pada Hari Ketujuh Serangan: Rusia Kepung Pusat Energi dan Pantai Penting Ukraina

Kompas.tv - 4 Maret 2022, 07:08 WIB
yang-terjadi-pada-hari-ketujuh-serangan-rusia-kepung-pusat-energi-dan-pantai-penting-ukraina
Petugas pemadam kebakaran menyiram gedung yang terbakar setelah pemboman di Kiev, Ukraina, Kamis, 3 Maret 2022. Pasukan Rusia telah merebut pelabuhan strategis Ukraina dan mengepung pusat energi Ukraina. Langkah-langkah itu adalah bagian dari upaya untuk memisahkan negara itu dari garis pantainya. (Sumber: Associated Press.)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

KIEV, KOMPAS.TV - Pasukan Rusia berusaha menguasai kota penghasil energi penting di bagian selatan Ukraina, Kamis (3/3/2022).

Rusia juga berupaya mendapatkan kekuatan dalam upaya mereka untuk memisahkan Ukraina dari laut. 

Pertempuran terjadi di Enerhodar, yaitu sebuah kota di Sungai Dnieper yang merupakan tempat pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa. Pembangkit listrik ini menyumbang seperempat dari pembangkit listrik di Ukraina.

Walikota Enerhodar mengatakan pasukan Ukraina melawan pasukan Rusia di pinggiran kota. Video menunjukkan api dan asap hitam membubung di atas kota yang berpenduduk lebih dari 50.000 jiwa itu.

Baca Juga: Sanksi Baru AS Targetkan Elit Politik Rusia dan Orang Dekat Putin

Orang-orang berhamburan melewati mobil-mobil yang rusak, hanya sehari setelah badan pengawas atom PBB menyatakan keprihatinan serius bahwa pertempuran itu dapat menyebabkan kerusakan yang tidak disengaja pada 15 reaktor nuklir Ukraina.

Sebelumnya Rusia sudah mengumumkan perebutan kota Kherson, yang merupakan pelabuhan penting di Laut Hitam berpenduduk 280.000 jiwa.

Pejabat lokal Ukraina mengkonfirmasi pengambilalihan markas besar pemerintah di sana.

Kherson pun menjadi kota besar pertama yang jatuh ke tangan Rusia sejak invasi dimulai satu minggu yang lalu.




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x