Kompas TV TALKSHOW satu meja

Ali Mochtar Ngabalin: Pemilu 14 Februari 2024 Itu Nyata Dan Konkret (4) - SATU MEJA

Kompas.tv - 3 Maret 2022, 13:15 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Wacana penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan Presiden Jokowi menyeruak kembali. Kali ini, usulan tersebut dilontarkan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar.

Wakil Ketua DPR ini berdalih, penundaan Pemilu perlu dilakukan guna mengantisipasi hilangnya momentum perbaikan ekonomi. Sebelum Cak Imin, gagasan ini pernah disampaikan Menteri Investasi, Bahlil Lahaladia pada awal tahun ini. 

Gagasan menunda Pemilu 2024 dan memperpanjang masa jabatan ini menuai kritik dan polemik dari berbagai pihak. Gagasan ini dinilai mengangkangi demokrasi dan berbahaya karena bisa mengarah pada oligarki.

Kuat dugaan ide menunda Pemilu ini bukan karena alasan ekonomi atau membengkaknya anggaran, namun demi melanggengkan kekuasaan.

Karena jika ini dilakukan, tak hanya jabatan presiden dan wakil presiden yang akan diperpanjang, namun juga para anggota dewan. Selain itu, ide ini benarkah diduga guna ‘mengamankan’ IKN?

Jadi siapa sebenarnya yang menginginkan Pemilu ditunda dan apa motivasinya? 

Saksikan pembahasan selengkapnya di Satu Meja #SatuMejaTheForum episode “USULAN TUNDA PEMILU, DEMOKRASI MUNDUR?” berikut ini.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x