Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Mengenal SWIFT, Sistem Pembayaran Internasional yang Buat Rusia Kesulitan karena Diblokir

Kompas.tv - 3 Maret 2022, 11:11 WIB
mengenal-swift-sistem-pembayaran-internasional-yang-buat-rusia-kesulitan-karena-diblokir
Logo pemberi pinjaman terbesar Rusia Sberbank di salah satu kantornya di Moskow, Rusia, 24 Desember 2020. Rusia diblokir dari sistem pembayaran internasional SWIFT, sebagai sanksi karena telah menginvasi Ukraina. (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Salah satu sanksi yang dijatuhkan negara Barat kepada Rusia adalah pemblokiran dari sistem keuangan dunia Society Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT).

Di antara negara yang menerapkan sanksi tersebut kepada Rusia adalah Jerman, Prancis, Italia, Inggris serta Kanada. Melansir dari Forbes, Kamis (3/3/2022), SWIFT adalah sistem yang menghubungkan lebih dari 9.000 lembaga sekuritas dan nasabah korporasi di 209 negara.

Dengan tergabung dalam SWIFT, bank bisa mengirim dan menerima pesan transaksi dengan cepat dan aman. Lantaran saat ini transaksi keuangan banyak dilakukan antara negara bahkan antar benua.

Baca Juga: Kepala Vladimir Putin Dihargai Rp14 Miliar oleh Pengusaha Rusia, Menyebutnya Kewajiban Moral

Dari data 2021, ada 11.000 lembaga keuangan yang telah terhubung dengan SWIFT dan mengirimkan pesan transaksi sebanyak 42 juta pesan per hari.

SWIFT juga digunakan untuk pesan berbasis pembayaran sebesar 45 persen dari total lalu lintas SWIFT. Lalu, 49 persen lainnya digunakan untuk transaksi keamanan.

Sistem ini dibuat pada 1973 dengan kantor pusat di Belgia. Saat ini, SWIFT mampu mengurus transaksi lain seperti keamanan, perbendaharaan, perdagangan, dan transaksi sistem di seluruh dunia.

Baca Juga: Putin Bertemu Pengusaha Bahas Atasi Sanksi dari Barat, Mulai Rasakan Dampaknya?

Mengutip The Washington Post, SWIFT diibaratkan seperti "Gmail perbankan global,". Jika transaksi perbankan antar negara yang dilakukan tanpa SWIFT, maka akan jauh lebih mahal dan lebih lama.

Ternyata, dampak pemblokiran Rusia dari SWIFT juga memiliki dampak ekonomi yang signifikan. Mantan menteri keuangan Rusia Alexei Kudrin memperkirakan, produk domestik bruto Rusia akan anjlok 5 persen dalam setahun tanpa SWIFT.
 
Pemblokiran dari SWIFT juga dinilai akan mengurangi keuntungan Rusia dari ekspor migas. Ekspor komoditas tersebut selama ini menyumbang 40 persen dari pendapatan negara.

Baca Juga: Rubel Jeblok Lagi, Perbankan Rusia Tawarkan Bunga Besar Agar Nasabah Tak Tarik Dana

Untuk mengantisipasi dampak pemblokiran SWIFT, Rusia dan China membentuk sistem pembayaran alternatif. Namun, jangkauannya lebih kecil dibanding SWIFT dan tidak bisa mengimbangi besarnya transaksi keuangan Rusia.

Di sisi lain, keluarnya Rusia dari SWIFT juga akan merugikan Uni Eropa. Karena negara-negara Eropa memanfaatkan SWIFT untuk membayar impor migas dari Rusia.




Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x