Kompas TV regional peristiwa

Ribuan Orang Mengungsi, Pemkot Serang Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir Lima Hari

Kompas.tv - 2 Maret 2022, 11:52 WIB
ribuan-orang-mengungsi-pemkot-serang-tetapkan-status-tanggap-darurat-banjir-lima-hari
Warga di dua RW Kelurahan Kasemen, Kecamatan Kasemen Kota Serang terisolir akibat banjir, pada Selasa (1/3/2022). (Sumber: TRIBUNBANTEN/MILDANIATI)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

SERANG, KOMPAS.TV — Pemerintah Kota Serang, Banten, menetapkan status tanggap darurat banjir selama lima hari ke depan hingga Sabtu (5/3/2022).

Penetapan status itu berdasarkan Surat Keputusan Nomor 366/Kep.104.Huk/2022 yang ditandatangani oleh Wali Kota Serang Syafrudin.

"Menetapkan status tanggap darurat banjir dari 1 Maret sampai 5 Maret 2022 sesuai apa yang saya tanda tangani," kata Syafrudin seperti dilansir Kompas.com, dikutip Rabu (2/3/2022).

Selama tanggap darurat, Pemkot Serang menyatakan akan melakukan proses pencarian dan penyelamatan korban banjir.

Kemudian, mengevakuasi korban, mengupayakan pemenuhan air bersih dan sanitasi, pangan, sandang, pelayanan kesehatan, serta penampungan dan hunian sementara.

Menurut Syafrudin, untuk penanganan banjir akan menggunakan anggaran belanja tidak terduga (BTT).

Baca Juga: Pasca Banjir di Serang, Warga Pandeglang Mulai Bersihkan Rumah dari Material Bekas Banjir

"Kita Pemkot harus mengeluarkan BTT untuk korban banjir, yang pertama rumah rusak, rusak ringan, sedang dan berat akan mendapatkan bantuan," ujar Syafrudin.

Sementara itu, soal jumlah rusak pihaknya belum mengetahui secara pasti karena masih dilakukan pendataan di setiap kecamatan. 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x